Di daerah atas bagian selatan provinsi Sulawesi Selatan, setelah menanam padi sambil menunggu masa panen, masyarakatnya banyak yang datang ke kota Makassar.
Mereka mencari pekerjaan pengisi waktu agar asap dapur tetap ngepul. Ada yang jadi tukang kayu dan banyak yang jadi kuli bangunan di berbagai proyek, baik pemerintah maupun swasta yang membangun kompleks perumahan.
Banyak pula yang memilih jadi pagoyang, membawa kendaraan tak bermesin, keliling kota mencari penumpang. Biasanya mereka ngetem di ujung lorong menanti calon penumpang yang ada di kawasan itu.
Tapi itu dulu. Kini tinggal terhitung jari pagoyang itu, terlibas sama sarana transportasi rakyat bernama bentor singkatan dari becak motor. Terkini, di Makassar seolah-olah disesaki dengan ojol alias ojek online.
Pagoyang berarti orang yang menggoyang. Apa yang digoyang? Yah, roda tiga yang tak bermesin itu yang populer disebut becak. Sehingga pagoyang jika di bahasa Indonesiakan berarti tukang becak.
Saya mendapati banyak pagoyang di kota Batulicin ini ketika selepas subuh tadi saya jogging keliling kota. Bentuk becaknya tak sama dengan becak yang ada di Makassar yang sudah mulai langka itu.
Tapi rata-rata saya lihat becak di ibukota Kabupaten Tanah Bumbu ini, mirip-mirip sama becak yang ada di kota-kota pulau Jawa. Bagian depannya terbuka lebar, sehingga memudahkan penumpang naik ke becak itu.
Sementara becak di Makassar pintu naiknya hanya sepertiga bagian depan becak, sisi kiri dan kanan ada dindingnya sehingga merepotkan orang kalau ingin naik ke becak tersebut. Saya biasanya kalau naik becak di Makassar harus naik dengan cara melangkah mundur, mendahulukan punggung.
Nah, saya tak bermaksud naik becak pagi ini, Tapi setidaknya saya sudah tahu bahwa untuk bisa ke mana-mana di kota Batulicin ini, ada pagoyang yang bisa dipanggil. Ada becak yang bisa membawa saya ke mana-mana. Walau saya belum tahu pagoyang di kota ini apakah dari Makassar atau dari Jawa?
Yang jelas, sudah berhari-hari saya di Batulicin, saya belum menemukan kendaraan umum. Tak ada Gojek, Gocar, Grab apalagi Uber. Bus, Mikrolet dan oplet pun belum saya lihat. Walau untuk pergi-pergi, saya tak begitu susah, sebab ada teman yang bisa antar saya, pakai mobil Avansa kantor.
Saya berpikir, mungkin bagus juga saya memulai usaha ojol di sini.