Lihat ke Halaman Asli

Zainal Tahir

Politisi

Polda Kalimantan Selatan Kini Berstatus Tipe A

Diperbarui: 25 Mei 2018   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Spri TB2

Wakapolri, Komjen Pol Drs Syafruddin Msi, secara resmi mengukuhkan kenaikan tipologi Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan menjadi Polda berstatus tipe A, di lapangan Mako Brimob Polda Kalsel, Kota Banjar Baru, Kamis sore 24 Mei 2018.

Spri TB2

"Peningkatan tipe mesti diikuti kenaikan kinerja aparat yang mengedepankan profesionalitas," kata Syafruddin seraya berharap situasi kamtibmas semakin kondusif dan menunjang pembangunan di daerah.

Spri TB2

Ia  memastikan ada penambahan personel baru di wilayah hukum Polda Kalsel. "Kami tekankan, penambahan personel secara bertahap dipenuhi seiring kenaikan tipologi. Idealnya, personel untuk Polda Kalsel yang menjadi tipe A adalah sebanyak 18-20 ribu, saat ini hanya 9 ribu personel," ujarnya.

Spri TB2

Otomatis jika personil bertambah,  pemerintah pusat juga menambah fasilitas dan anggaran operasional Polda Kalsel. Pangkat Kepala Polda Kalsel, Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana juga segera dinaikkan menjadi bintang dua. "Esok pagi, sekembalinya kami di Jakarta langsung kami usulkan segera diparaf dan diteken, menjadi bintang dua," jelas Syafruddin.

Komjen Pol Drs Syafruddin MSi bersama Brigjen Pol Rachmat Mulyana

Peningkatan tipe Polda Kalsel sudah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan, untuk memastikan terpenuhi kriteria dan persyaratan. Indikatornya mengacu perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan kamtibmas serta kecenderungannya, kesiapan jumlah personel, dan dukungan dari masyarakat dan pemerintah.

Komjen Pol Drs Syafruddin MSi

Spri TB2

Peningkatan tipologi Polda, menurut Syafruddin, tentu saja konsekuensinya penambahan personel secara kuantitas. "Hal ini hendaknya turut diiringi peningkatan kualitas sumber daya Polri. Yang paling utama, Polri harus makin profesional," tegasnya.

ZT, 24 Mei 2018




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline