Lihat ke Halaman Asli

Zainal Tahir

Politisi

Selamat Jalan Polisi Muazin

Diperbarui: 23 Mei 2018   00:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iptu luar biasa Auzar dimakamkan di TPU yang ada di Kelurahan Bambu Kuning, Tenayan Raya, Pekanbaru, Selasa (16/5/2018). -foto : Spri TB2

Ipda Auzar, guru mengaji dan muazin di masjid

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.

Ia tergeletak tak berdaya tadi pagi, Rabu 16 Mei 2018,  di depan markas polisi tempat ia bertugas, setelah sebuah mobil Toyota Avanza menabraknya. Mobil itu dikemudikan seorang teroris!

Inspektur Dua Auzar, perwira polisi pada Direktorat Lalu Lintas Polda Riau ini sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong lagi. Ia meninggal dalam tugas, sehari menjelang Ramadhan.

Spri TB2

Pemakaman Iptu Luarbiasa Auzar dipimpin Wakapolda Riau, Brigjen Pol Permadi (foto : Spri TB2)

Spri TB 2

Sesungguhnya dua tahun lagi perwira yang selalu jadi muazin di masjid ini akan pensiun dari dinas kepolisian. Namun, takdir dari Sang Pencipta telah membuat nyawanya terenggut di tangan teroris, saat kini ia berusia 56 tahun.

Ia berpulang dengan meninggalkan jejak-jejak kebaikan, sebuah pesantren dan yayasan anak yatim piatu yang telah mendidik lebih 500 anak kurang beruntung.

Masih sempat ia menyapa di permulaan pagi, dengan mengirim pesan dan doa  kepada suadara-saudaranya, sahabat-sahabatnya, orang-orang yang ia hormati dan cintai. Pun tak lupa ia memohon maaf lahir batin dan mengucap Marhaban Ya Ramadhan kepada mereka. 

Pesan WA terakhir Iptu Anumerta Auzar kepada Wakapolri pagi tadi pukul 7.15 WIB

Juga kepada atasannya. Kepada Wakapolri, Komjen Pol Drs H Syafruddin MSi, Ia mengirim pesan melalui Whatsapp pukul 7.15 WIB.  Ternyata ini pesan terakhir kepada orang yang pernah ia supiri selama 25 tahun sebelum Auzar pindah ke Pekanbaru belum lama ini.

Untuk itu, Wakapolri langsung menuju ke Riau tadi pagi setelah mendengar kejadian itu, untuk menghadiri pemakaman Ipda Auzar di TPU Mayangsari Pekanbaru hari ini. Ipda Auzar mendapat kenaikan pangkat setingkat menjadi Inspektur Satu Luar Biasa.

Wakapolri menghadiri pemakaman Iptu Luar Biasa Auzar di Pekanbaru Riau -Spri TB2

Selimut duka tengah melingkupi Korps Bhayangkara. Dan, Negeri inipun  dibelai mendung setelah teroris itu berulah lagi di Markas Polda Riau.

Selamat jalan, Ipda Auzar. Suara merdumu takkan terdengar lagi mengumandangkan azan di masjid, memanggil umat untuk bersujud kepada-Nya.

Alfatihah, untukmu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline