Lihat ke Halaman Asli

Zainal Tahir

Politisi

Status Perjalanan (1), Bandara Soekarno-Hatta

Diperbarui: 14 September 2020   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi


Ini hal  pertama yang harus diperhatikan untuk memulai suatu perjalanan dengan tujuan penerbangan ke luar negeri. Terutama bagi yang belum pernah menempuh perjalanan tersebut, bahwa waktu harus diperhitungkan dengan baik dan jangan pernah ada kata ; terlambat karena kekurangan waktu. paling tidak, minimal 2 jam sebelum borading, kita sudah berada di depan konter petugas ceck in maskapai yang akan kita naiki. Jika perlu, kalau masih khawatir, 3 jam sebelumnya.

Perhitungkanlah proses pengecekan paspor di pintu imigrasi. Bahwasanya proses itu jika berjalan normal membutuhkan waktu sekitar 30 menit antrian.

Tadi subuh sekitar pukul 04.00 WIB, kami berangkat dari rumah di Kemayoran. Sebelum matahari terbit, proses ceck in sudah kelar di Terminal 2B Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. Konter pengecekan paspor di imigrasi pun saat itu tidak terlalu ramai. Mungkin masih pagi sekali.

Dalam menanti penerbangan SQ - 955 Jakarta - Frankfurt pagi itu  pukul 09.20 WIB, kami masih punya banyak waktu. Saya berpikir, bersama segelas Vanilla Frappucino dan Cheese Cake di Starbucks, penantian penerbangan kami ini takkan terasa.

Bismillah, penerbangan Jakarta - Singapore- Frankfurt dengan  SQ 955, akan ditempuh dalam waktu 22 jam.

ZT - Cengkareng, 24 Desember 2017

Dokumentasi Pribadi


Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline