Lihat ke Halaman Asli

Zainal Tahir

Politisi

Mencicipi Songkolo Bagadang di Antang, Makassar

Diperbarui: 4 Maret 2018   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Songkolo. Siapa yang tak kenal makanan khas di Makassar itu? Menyebut namanya, orang Makassar pasti tahu dan bilang, "Oh, itu... songkolo hitam atau putih?"

Songkolo hitam itu terbuat dari beras ketan hitam yang di atasnya ditaburi kelapa parut, sementara songkolo putih dari beras ketan putih dimana diatasnya biasanya ditaburi Sambala Kaluku --serundeng bahasa Indonesianya. Namun nikmat juga Songkolo Hitam dimakan bersama serundeng.

Nah, Songkolo ini biasanya dimakan bersama sambel goreng pedas dan ikan kering teri, atau ikan bete-bete (ikan petek) kering yang digoreng. Lebih nikmat lagi jika dipadukan dengan telur bebek asing. 

Di Makassar, songkolo biasa di temukan pada pagi hari di warung kopi yang buka mulai subuh.  Atau di depan pasar tradisonal pada malam hari ketika pasar sudah tutup.

Memang, Songkolo juga asyik dinikmati pada malam hari. Makanya banyak juga penjual Songkolo yang buka hanya pada malam hari. Ada juga yang buka 24 jam seperti tempat penjual Songkolo yang paling populer di Makassar. Begitu ramai pada malam hari. Namanya Songkolo Bagadang. pengunjungnya antrian, terutama pada malam hari. Semakin larut malam semakin ramai. Bagadang artinya begadang.

Dokumentasi Pribadi

Yah, Songkolo Bagadang di Antang. Cukup lama saya tak bertandang ke tempat ini. Jadi begitu saya dapat kesempatan jelang tengah malam beberapa waktu lalu ketika saya ke Makassar, tak tanggung-tanggung! Dua songkolo plus dua telur asing. Saya sungguh sangat menikmatinya.

Inilah tempat berlabuh favorit bagi aktifis mahasiswa sejak dulu. Atau siapa saja warga kota yang mengalami cipuru'lantang bangngialias lapar di tengah malam.

Dan, songkolo yang Anda pesan tak pernah berlebih ataupun kurang. Semuanya tertakar. Ditimbang sebelum tersaji di hadapan Anda.

Nikmatnya....

ZT - Kemayoran, 4 Maret 2018




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline