Lihat ke Halaman Asli

Zaimah Dzati Bayani

Mahasiswi UNIDA GONTOR

Bagaimana Cara Mengelola Waktu?

Diperbarui: 5 September 2021   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Memang pembagian waktu dalam setiap urusan sangatlah penting. Berusaha untuk menjalani amanah yang ada di diri kita dengan melakukannya sebaik dan sekuat tenaga. Meski semua pekerjaan belum bisa dikatakan sempurna, paling tidak kita berusaha untuknya. 

Lalu gimana sih cara agar semua urusan kita bisa berjalan dengan baik?  Salah satu caranya ada di dalam manajemen waktu. Time management memiliki 2 arti yaitu time berarti waktu dan management yang artinya seni mengelola. 

Management itu adalah proses yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan. Jadi harus ada yang mau dicapai. Apabila hidup kita tidak bisa di manage, berarti hidup kita belum punya tujuan yang jelas. 

Pertanyaannya adalah, apa yang mau di manage seandainya tujuannya juga tidak ada? maka time management sangat terkait dengan tujuan kita. 

Yang paling terkenal dalam time management adalah P.O.A.C yaitu: Planning (merencanakan), Organizing (mengorganisasi), Actuating (mengeksekusi), Controlling (mengevaluasi). Maka dari itu kalau kita ingin memanejemen waktu maka, kita harus tau tujuan kita terlebih dahulu. 

#Semangatuntukhiduplebihbaiklagi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline