Lihat ke Halaman Asli

Zaidiene Femme Sevandra

Universitas Diponegoro

Tim IDBU KKNT Undip Membuat Jalur Evakuasi dan Edukasi Tanggap Bencana di Pantai Glagah Wangi, Kabupaten Demak

Diperbarui: 5 Oktober 2023   17:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim 2 KKN Tematik SGDs 2023 Universitas Diponegoro melakukan pemasangan banner prosedur evakuasi di wilayah rawan bencana di area Pantai Glagah Wangi (dokpri)

Demak -- Tim Pengabdian Masyarakat Iptek Bagi Desa Binaan Undip (IDBU) Universitas Diponegoro melalui kegiatan KKN Tematik SGDs 2023 melakukan kegiatan pembuatan jalur evakuasi sekaligus edukasi tanggap bencana bagi warga di wilayah Pantai Glagah Wangi Desa Tambakbulusan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Pada kegiatan tersebut, pembuatan jalur evakuasi sekaligus edukasi tanggap bencana dilakukan oleh Mahasiswa Tim 2 KKN Tematik SDGs 2023. Kegiatan pembuatan jalue evakuasi dan edukasi tanggap bencana di Desa Tambakbulusan sendiri terdiri dari beragam rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 2 September 2023.

Berdasarkan hasil survey dan analisis area pantai Glagah Wangi, Tim 2 KKN Tematik SDGs 2023 mendapatkan dan menggambarkan beberapa titik yang tepat untuk dilakukan pemasangan tanda jalur evakuasi. Tujuan direncakannya pemasangan tanda jalur evakuasi di wilayah Pantai Glagah Wangi yaitu untuk memudahkan wisatawan melakukan evakuasi saat terjadi bencana mengingat kondisi atau wilayah wisata yang termasuk dalam kawasan rawan bencana karena letaknya yang berada di pesisir pantai.

Pemasangan tanda jalur evakuasi di wilayah Pantai Glagah Wangi dilakukan pada Sabtu, 16 September 2023 dengan berkoodinasi bersama pihak pengelolal Pantai Glagah Wangi yaitu, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Komunitas Ojek Perahu yang diwakilin oleh Bapak Mohammad Fatkullah dan Bapak Siswanto. Pemasangan tanda jalur evakuasi dilakukan secara hati-hati dan benar agar tanda jalur evakuasi yang terpasang mudah terlihat dan dipahami oleh wisatawan di Pantai Glagah Wangi nantinya.

Selain melakukan pemasangan tanda jalur evakuasi, Tim 2 KKN Tematik SGDs 2023 selaku tim pengabdian masyarakat Iptek Bagi Desa Binaan Undip (IDBU) Universitas Diponegoro juga melaksanakan kegiatan edukasi mengenai jalur evakuasi dan tindakan saat keadaan darurat kepada pekerja di wilayah Pantai Glagah Wangi serta melakukan pemasangan banner mengenai prosedur evakuasi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, harapannya kesadaran warga dan wisatawan di wilayah Pantai Glagah Wangi Desa Tambakbulusan dapat meningkat sehingga tercipta area wisata yang aman dan sadar akan potensi-potensi bahaya yang ada.


Tim 2 KKN Tematik SGDs 2023 Universitas Diponegoro bersama pekerja ojek perahu melakukan edukasi mengenai jalur evakuasi dan  keselamatan saat bencana (dokpri)

Tim 2 KKN Tematik SGDs 2023 Universitas Diponegoro melakukan pemasangan jalur evakuasi di area Pantai Glagah Wangi Desa Tambakbulusan, Kab. Demak (dokpri)

Tanda jalur evakuasi dan titik kumpul di area Pantai Glagah Wangi Desa Tambakbulusan, Kab. Demak, 16 September 2023 (dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline