Lihat ke Halaman Asli

zahwa safira

Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Perkembangan Komunkasi Massa di Era Digital dan Tantangannya

Diperbarui: 7 Juli 2024   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Era digital membawa perubahan besar dalam dunia komunikasi massa, perkembangan pada era digital ini semakin maju dikarenakan media massa memiliki peran penting dalam menyampaikan penyebaran informasi seperti munculnya internet dan media social membuka akses informasi yang lebih luas dan mudah. Munculnya media baru seperti internet, media social serta media streaming menjadi salah satu perkembangan di era digital saat ini. Peluang era digital ini sangat berpengaruh di kehidupan saat ini, seperti masyarakat bisa mengakses informasi yang lebih luas dan mudah, munculnya model bisnis baru seperti e-commerce dan iklan online. Era digital harus disikapi dengan serius, memahami serta mengendalikan peran teknologi dengan baik agar era digital membawa manfaat bagi kehidupan.

   Saat ini, media massa mengalami transformasi pesat seiring kemajuan teknologi. Platfrom baru yang interaktif dan reponsif memungkinkan media massa untuk menghadirkan pengalaman yang lebih mendalam dan memikat bagi audiensnya. Manusia memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan dan membantu bebagai tugas dan pekerjaan dengan lebih mudah. Namun yang perlu di perhatikan, ketergantungan pada teknologi dapat menyebabkan kehilangan kemampuan untuk berintraksi secara langsung. Selain itu, adanya penyebaran informasi palsu juga menjadi masalah besar pada kebijakan dan tindakan masyarakat yang salah.

Tantangan di Era Digital 

 

  • Perubahan yang cepat: Perkembangan di era digital sangat pesat menuntut kita untuk terus belajar dan beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.
  • Kehilangan kepercayaan: Krisis kepercayaan terhadap media massa akibat misinformasi, bias pemberiitaan, dan hilangnya jurnalisme berkualitas.
  • Persaingan yang ketat: Perusahaan harus mampu menawarkan nilai yang unik dan berbeda agar tetap kompetetif dengan berbagai negara untuk bersaing di era digital ini.
  • Keamanan cyber: Ancaman keamanan cyber seperti pencurian data menjadi resiko yang signifikan bagi media massa.

   Adapun peluang dari perkembangan komunikasi massa di era digital ini yaitu seperti kemudahan akses global untuk memudahkan bisnis menjangkau ke seluruh dunia. Inovasi produk menjadi lebih mudah serta pemasaran digital dikarenakan hal ini dapat membuka peluang baru untuk perusahaan untuk mencapai pertumbuhan yang lebih cepat dan meningkatkan keuntungan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meraih kesuksesan di era digital.

Penting untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh era digital, tetapi harus tetap waspada terhadap tantangan dan resikonya. Dengan literasi media yang baik dan partisipasi aktif dari semua pihak, komunikasi massa di era digital dapat memainkan peran penting dalam membangun masyarakat yang informatif, demokrati, bijak, dan sejahtera.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline