Lihat ke Halaman Asli

Zahrotun Nisa

mahasiswa

Belajar Asik Dengan Jam Sudut di SD Negeri Pangengudang

Diperbarui: 10 Desember 2024   09:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Kelompok 5 :

Nur Yusuf Kafianto (232180071) 

Ulfah Azzahra (232180072) 

Miftakhul Khoiriyah (233180073) 

Kelas : 3 / B

Pada hari Sabtu, 16 November 2024, pukul 09.00 -- 10.00 telah dilaksanakan demonstrasi media pembelajaran Jam sudut sekaligus penyerahan media pembelajaran untuk mendukung penguatan literasi dan numerasi mahasiswa dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo kepada SD Negeri PangenGudang. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kegiatan belajar yang interaktif melalui media pembelajaran yang menyenangkan, jadi anak tidak bosan dalam menerima materi, tetapi mereka juga bisa belajar sambil bermain. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4 yang berjumlah 31 siswa.

Jam sudut merupakan media pembelajaran yang menyediakan berbagai macam sudut yang dihasilkan dari jarum jam. Penggunaan alat peraga ini bertujuan agar siswa dapat menemukan besar sudut dari berbagai sudut yang dibentuk oleh jam. Secara psikologis permainan dengan menggunakan alat peraga ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dan minat siswa belajar matematika.

Kegiatan pertama dimulai dengan pembukaan dengan salam oleh mahasiswa penyelenggara kegiatan dalam hal ini Fian, Ulfah, dan Mifta, kegiatan kedua dilanjutkan dengan sesi perkenalan dengan peserta didik, tujuannya agar anak-anak lebih terbuka dan lebih dekat dengan kami. Ketiga, kami menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan kami lakukan di kelas. Ke empat , Kami mengenalkan media pembelajaran yang kami buat yaitu "Jam Sudut", terkait literasi dan numerasi. Ke lima kami bertiga menjelaskan bagaimana konsep permainan dari media pembelajaran tersebut, dan menjelaskan terkait aturan permainanannya juga. Kegiatan ke enam kami mengajak peserta didik untuk mempraktikan apa yang sudah kami jelaskan, jadi setiap peserta didik maju di depan kelas untuk mencoba permainan, tidak hanya bermain mereka juga dituntut untuk berpikir kritis. Ke tujuh, setelah siswa mempraktikan permainan yang kami jelaskan, kami mengkoreksi hasilnya Bersama - sama dengan teman sekelas. Kemuadian ke delapan, kami memberikan reward kepada anak yang sudah menjawab benar dan berani maju ke depan berupa bintang.

Ketua pelaksana kegiatan, Ulfah Azzahra, berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan. "Kami berharap media seperti Jam Sudut bisa diterapkan lebih luas karena sangat relevan untuk memudahkan guru dalam menjelaskan macam-macam sudut, besarnya sudut dan cara melukis sudut. Dengan dukungan semua pihak, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik SD Negeri PanggenGudang," ujarnya.

Salah satu peserta didik, Filastin mengatakan, "Sangat menyenangkan, saya jadi bisa belajar matematika sambil bermain." Sementara itu, Mifta sebagai narasumber, menambahkan, "Media seperti Jam Sudut ini sangat efektif untuk mengajarkan literasi dan numerasi karena memberikan pengalaman belajar yang nyata dan relevan dengan kehidupan sehari-hari."

Kegiatan ditutup dengan pembagian kertas untuk peserta didik menuliskan kesan dan pesan selama kegiatan berlangsung. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama peserta didik kelas 4, dan juga Kepala Sekolah sebagai dokumentasi dan mengabadikan momen. Tim juga berencana mengadakan kegiatan serupa pada semester mendatang dengan media pembelajaran yang lebih inovatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline