Lihat ke Halaman Asli

Zahrotul Maulidah

mahasiswa S1 Jurusan Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Insecure: Mengapa Kita Merasakannya? Bagaimana Cara Kita Menyikapinya?

Diperbarui: 25 Desember 2023   06:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

wikihow.com

Akhir-akhir ini banyak sekali remaja yang mengalami insecure yang berlebihan, mulai dari penampilan, prestasi di bidang akademik atau non-akademik, dan teman-teman yang terlihat lebih sukses. Menurut Hurlock, masa remaja adalah masa dimana seorang individu mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah.

Remaja mengalami insecure bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan, dan media sosial. Pada masa ini remaja mengalami perubahan kognitif, emosional, dan perubahan hormon sehingga rasa insecure cenderung lebih tinggu pada masa ini. Melansir dari jurnal Qotrunnada etc, Greenberg, salah satu alasan seseorang mengalami insecure karena kurangnya kepercayaan diri sebab kecemasan sosial.

Mengapa kita merasakan Insecure?

Ada beberapa hal yang menjadikan diri sendiri merasa insecure saat remaja, salah satunya yaitu faktor fisik. Penampilan fisik yang dianggap tidak ideal oleh seseorang bisa menyebabkan rasa tidak percaya diri itu muncul, contohnya seperti perbedaan tinggi badan dan berat badan yang berlebihan dengan teman atau pasangan yang membuat diri menjadi insecure.

Ada pula alasan seseorang merasa insecure karena pengalaman yang traumatis seperti melihat diri sendiri dalam sudut pandang negatif. Contohnya pada fenomena yang dialami Tiktokers yang akrab dipanggil Putri Desebel. Melihat dari postingan akun tiktok Putri Desebel bahwa ia merasa insecure karena selalu dibanding-bandingkan kecantikannya dengan adiknya sendiri.

Salah satu alasan mengapa seseorang merasa insecure di atas adalah alasan utama mengapa mereka sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Padahal, setiap orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan pada dirinya masing-masing. Remaja zaman sekarang seharusnya bisa mengubah pola pikirnya menjadi lebih bisa menghargai diri dan bersyukur atas apa yang dimiliki pada dirinya sendiri, karena pada dasarnya manusia tidak sempurna.

Bagaimana cara kita menyikapinya?

Perasaan insecure itu hal yang wajar bisa dialami oleh remaja bahkan orang tua sekalipun, namun rasa insecure yang berlebihan dapat membuat diri sendiri menjadi sulit berkembang. Bahkan rasa insecure ini juga bisa mengganggu kesehatan mental dan membuat mood menjadi jelek, tentu saja hal ini juga dapat membuat diri sendiri sulit berkembang dan dapat menghambat aktivitas keseharian.

Insecure memang tidak bisa dihilangkan dan masih akan datang sewaktu-waktu. Namun setidaknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insecure antara lain Selalu berusaha positif thinking, tidak membandingkan diri dengan orang lain, meningkatkan kepercayaan diri dengan mengenali dan menghargai diri sendiri, serta fokus pada hal-hal yang positif, dan mempraktikkan self-care.

Penutup

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline