Lihat ke Halaman Asli

Zahra Awaliyah

Mahasiswa UINKHAS Jember

Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Diperbarui: 16 Juni 2021   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(unsplash/green chameleon)

Guru memiliki pengaruh yang luar biasa dalam perkembangan anak di sekolah. Dan sekarang  guru sebagai pendidik profesional di banding sebagai orang yang pekerjaannya mengajar dengan kemampuan tenaga propesional. 

Dan sekarang yang akan dibahas pada  artikel ini adalah upaya guru dalam meningkatkah motifasi belajar, nah apa saja sih manfaat motifasi bagi seorang pelajar sebagai berikut:

1.membuat  siswa agar semangat dalam belajar
2.membantu siswa menggapai cita-cita
3.menumbuhkannya sikap optimis
4.mengajarkan untuk tidak pantang menyerah

Pendidikan sangatlah penting bagi semuanya dari anak yang masih diusia dini maupun hingga orang dewasa.meskipun kita sudah dewasa pun pendidikan itu masih harus kita pelajari. 

Baca juga : Peranan Pemerintah, Guru, Siswa dan Orangtua dalam Menghadapi Kendala Pembelajaran Daring akibat Pandemi Virus Corona

Dan pendidikan yang berhasil akan menciptakan perilaku yang baik di masyarakat kelak. Guru juga bisa diibaratkan motivator dengan pembimbing perjalanan. 

Proses belajar akan berhasil manakala siswa memiliki motivasi dalam belajar. Oleh karena itu seorang pendidik harus mampu menumbuhkan motivasi dalam belajar.

Upaya dalam meningkatkan motivas belajar

Baca juga : Pembelajaran Daring Berkendala Bagi Siswa, Dimanakah Peran Orangtua Serta Guru?

Beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh guru diungkapkan sardiman (2005:92), yaitu:

1.memberi angka yang tinggi atau bagus. dalam hal ini sebagai simbol dari nilai belajar. Banyak siswa yang justru ingin mencapai nilai yang baik maka dari itu yang dikejar adalah memperoleh nilai bagus dalam ujian sekolah, ulangan harian dan nilai raport. Angka angka baik itu dapat memotivasi siswa agar semakin giat belajar.

2.hadiah juga dapat menjadikan motivasi siswa karena dimana siswa itu tertarik akan berlomba-lomba mendapatkan hadiah itu,contohnya seorang guru memberikan pertanyaan dan siapa yang bisa menjawab akan mendapatkan hadiah .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline