Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Peenggunaan Teknologi Informasi sebagai Media Promosi

Diperbarui: 30 Agustus 2021   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PONDOKKELOR - Sudah lebih dari 1 tahun, masyarakat Indonesia berada dalam situasi yang tidak biasa, sebagai dampak dari pandemi covid-19. Sebagian masyarakat harus bekerja dari rumah (work from home), tidak sedikit pula pekerja yang dirumahkan (atau di-PHK), dan cukup banyak pekerja informal yang mengalami penurunan penghasilan. Masyarakat harus bertahan hidup dengan memanfaatkan kemampuan yang ada, pada era pandemi seperti sekarang kemampuan mencari inovasi dan berkreatifitas sangat dibutuhkan untuk menyambung kehidupan masing-masing individu. Banyak masyarakat dimana-mana mencari lapangan pekerjaan padahal banyak kantor atau perusahaan yang mengurangi jumlah karyawannya.

Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini telah memberikan dampak pada segala aspek perekonomian, masyarakat yang awalnya masih awam dalam penggunaan gadget dan saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat harus menggunakan media elektronik sebagai suatu kebutuhan dan kewajiban. Seperti hal nya dengan UMKM, dalam kondisi pandemi seperti saat ini wajib bagi UMKM untuk menerapkan konsep digital marketing sebagai salah satu strategi meningkatkan penjualan, namun masih ada pula UMKM yang belum menerapkan sistem tersebut dan tidak seditki UMKM mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya melalui digital marketing.

Pada kesempatan kali ini Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village III  peserta KKN Tematik PROGAM PEMBERDAYAAN WIRAUSAHA MASYARAKAT TERDAMPAK COVID 19 Zahrotul Firdaus berusaha membantu membangun kembali dan mengembangkan UMKM yang terdampak pandemi sedikit demi sedikit dalam aspek perekonomian dan kreativitas untuk menghasilkan peningkatan dalam penjualan UMKM di desa Pondokkelor ini, yang pertama yang harus dilakukan adalah membangun semangat para UMKM agar selalu sedia berusaha dan bergerak memulai kembali serta memberikan edukasi tentang strategi untuk meningkatkan penjualan sebagai motivasi untuk terus berinovasi kedepannya. Semangat dan motivasi sangat penting pada kondisi saat ini, dimana masyarakat desa yang sudah banyak mengalami kerugian dari pandemi covid-19 yang terjadi.

Dengan upaya dan kerja keras para UMKM untuk membangun kembali perekonomian dan dibantu oleh mahasiswa kuliah kerja nyata Back To Village III (KKN)-UNEJ yang diharapkan dapat membantu membangun kembali serta mengembangkan UMKM yang mengalami penurunan penghasilan akibat pandemi covid-19, maka dilakukanlah beberapa kegiatan guna mencapai tujuan tersebut. Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah merancang pembuatan banner dan diberikan kepada UMKM sebagai penunjang peningkatan UMKM dan memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan minat konsumen melalui  platform seperti Instagram, Whattapp dan media sosial lainnya.

Tujuan kegiatan diatas adalah diharapkannya dapat membantu UMKM desa Pondokkelor menjadi bisnis usaha yang maju dan terus berkembang dengan menciptakan inovasi-inovasi terbaru untuk kedepannya agar UMKM tersebut dapat terus menghasilkan luaran  yang terbaik. Dengan begitu UMKM di desa Pondokkelor dapat memiminalisir terjadinya krisis ekonomi serta dapat meningkatkan keuntungan peningkatan pendapatan UMKM di masa pandemi. (zahrotul firdaus/63/probolinggo/denny)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline