Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Abjad dengan Media Gambar

Diperbarui: 30 November 2023   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan anak dalam hal mengenal abjad masih kurang, sehingga belum bisa meningkatkan kemampuan mengenal abjad anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus dengan subyek penelitian Kelompok A TK ABA31 kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada Setiap siklus terdiri dari 5 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi berupa RPPH dan foto-foto kegiatan anak dalam pembelajaran mengenal abjad melalui penggunaan media gambar. Hasil pada pratindakan 30,9%, sementara penelitian pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 69,9%, pada siklus II menjadi 89,9%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal abjad pada anak Kelompok A di TK ABA 31. 

 

Kata kunci:mengenal huruf, media kartu gambar , TK

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 14, dijelaskan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Permasalahn dalam pembelajaran mengenal huruf pada anak TK ABA 31 masih mengikuti cara lama yang kurang efektif, dan dengan media yang kurang menarik untuk anak.Sering kali hanya mengunakan LKA (lembar kerja anak). Proses pembelajaran mengenal huruf belum menggunakan media yang lebih efektif untuk mengenal huruf. Hasil observasi di TK ABA 31 menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok A masih kurang. Media pembelajaran yang tersedia untuk mengenal huruf masih belum lengkap. Proses pembelajaran yang menyenangkan untuk mengenal huruf masih monoton dan belum dikemas dalam bentuk permainan. Stimulasi pada anak dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf belum dilakukan secara maksimal.

Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dibuat identifikasi masalah sebagai berikut: 1) kurang efektifnya pembelajaran mengenal huruf,2) Media kurang menarik untuk anak 3)Pembelajaran masih menggunakan pola lama dengan cara menggunakan LK saja.

Analisis Masalah

Setelah masalah teridentifikasi, peneliti menganalisis masalah sebagai berikut : a) materi kurang menarik, b) media yang digunakan kurang menarik minat anak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline