Lihat ke Halaman Asli

Neng Zahra Regina

Jl. Kh. Dewantara rt004 rw005 Kp. Sawah Lama

Kelayakan Karier Fresh Graduate

Diperbarui: 28 Februari 2023   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kelayakan Karir Fresh Graduate

Kelayakan Karir untuk Fresh Graduate

Menyelesaikan pendidikan formal merupakan suatu pencapaian yang patut dibanggakan. Namun, setelah lulus kuliah, banyak fresh graduate yang merasa bingung dan kebingungan dalam menentukan arah karir yang akan diambil. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan kelayakan karir bagi fresh graduate.

Pengetahuan dan Kemampuan

Fresh graduate seharusnya mengevaluasi pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki harus sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Pekerjaan yang dipilih haruslah sesuai dengan bidang yang telah dipelajari pada masa kuliah.

Keterampilan yang Dimiliki

Keterampilan juga sangat penting dalam menentukan kelayakan karir. Fresh graduate perlu mengetahui keterampilan apa yang dimiliki dan sesuai dengan pekerjaan yang diminati. Keterampilan dapat diperoleh dari pengalaman magang atau praktikum yang dilakukan selama kuliah.

Minat dan Bakat

Minat dan bakat juga merupakan faktor yang penting dalam menentukan kelayakan karir. Fresh graduate sebaiknya mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Dengan begitu, akan lebih mudah mengejar karir yang diinginkan.

Kondisi Pasar Kerja

Kondisi pasar kerja juga harus dipertimbangkan. Fresh graduate harus mengetahui peluang kerja yang ada di pasar kerja dan mengambil langkah yang tepat dalam mengejar karir yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline