Lihat ke Halaman Asli

Kaitannya Sistem Pendidikan di Indonesia dengan Perkembangan Psikologi Anak Didik

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini sedang maraknya kasus-kasus pelecehan seksual pada anak terutama yang terjadi di lingkungan sekolah. Seperti kasus yang baru-baru ini meledak yaitu kasus pelecehan seksual pada anak di JIS dan kasus-kasus lainnya seperti kasus pembuatan video porno yang dilakukan oleh siswa/i SMP Negri. Siapakah yang patut disalahkan dalam hal ini? tentunya semua pihak yang berkaitan langsung dengan anak didik itu turut ikut andil dalam hal semacam ini, khususnya dalam hal perkembangan anak.

Sistem pendidikan di Indonesia sendiri harus dibenahi terutama dalam hal perkembangan anak, terkait dengan kasus-kasus pelecehan seksual yang akhir-akhir ini berkembang. Baik dari segi perekrutan guru, keamanan sekolah dan sistem-sistem yang ada disetiap sekolah harus dibenahi. Sekolah bukan hanya mengembangkan IQ pada anak saja tetapi diimbangi juga dengan EQ. Dengan pengelolaan lingkungan sekolah yang baik dalam segala hal, maka perkembangan anak didik juga berkembang dengan baik.

Bukan hanya sekolah, tetapi lingkungan keluarga dan masyarakat juga ikut andil dalam hal perkembangan anak. Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama dalam mengembangkan psikologi anak. Karna dari si anak dilahirkan, mereka sudah menerima pendidikan dari keluarganya. Menurut teori behavioristik dimana perilaku anak itu terbentuk karna adanya pengulangan-pengulangan atau kebiasaan-kebiasaan yang diberikan oleh orang tua terhadap anak. Anak itu makhluk penyerap (adsorben) dimana dari kecil sudah menyerap segala rangsangan atau stimulus yang ada, dari situ perilaku juga dapat terbentuk untuk kedepannya.

Lingkungan masyarakat juga mempengaruhi perkembangan anak. Anak akan terbawa arus dengan lingkungan sekitarnya, kalaupun lingkungan sekitarnya buruk yang dapat membuat anak agar tidak mengikuti itu yaitu dengan pendidikan disekolah dan pengawasan orang tua. Komponen sekolah terutama tenaga pendidik harus bisa memberikan contoh kepada anak didiknya, bisa menerapkan sistem-sistem yang baik dan tepat sesuai kondisi si anak agar moral anak didik terbentuk.

Apa yang anak dapatkan pada saat ini akan berdampak untuk kehidupannya kelak. Terkait dengan kasus JIS, pemerintah harus segera membenahi sistem pendidikan sekolah di Indonesia. Dampak yang akan terjadi dengan kasus tersebut itu sangat buruk untuk perkembangan psikologi anak kedepannya. Maka pengontrolan dan pengawasan orang tua sangat dibutuhkan.

Pendidikan karakter dan pembentukan moral itu penting dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini. Karna anak adalah penerus bangsa maka dengan ditanamkan pendidikan yang baik, baik itu pendidikan formal, informal atau pun non formal akan menentukan nasib bangsa ini kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline