Lihat ke Halaman Asli

Program Tidur Siang di Sekolah, Apakah Efektif?

Diperbarui: 20 Oktober 2023   05:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penerapan Program Tidur Siang pada Sekolah Dasar di Sidoarjo

Salah satu program yang mungkin terlihat tidak masuk akal untuk diterapkan di sekolah adalah program tidur siang. Bagaimana bisa? Selama ini kita selalu berpikir bahwa tidur di kelas adalah hal yang sangat mengundang kemarahan guru. Namun, akhir-akhir ini beberapa sekolah di kancah internasional maupun nasional sudah mulai menerapkan program tidur siang bagi para siswanya.

Seperti yang kita ketahui, tidur siang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidur siang tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa kantuk. Banyak manfaat lain yang bisa didapatkan jika tidur siang diterapkan dengan benar. Manfaatnya di antara lain sebagai berikut.

1. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Tidur siang membantu menurunkan kadar adenosin di dalam otak yang berperan dalam menciptakan rasa kantuk. Hal ini membuat otak bisa bekerja dengan optimal sehingga konsentrasi dan tingkat kewaspadaan pun lebih terjaga.

2. Meningkatkan produktivitas

Tidur siang mampu meningkatkan fungsi otak, kecepatan psikomotor, respon, serta tingkat kewaspadaan. Dengan begitu, seseorang menjadi lebih mudah dan konsisten untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

3. Memperbaiki mood swing

Dalam keadaan stres, cemas, atau gelisah, tidur siang merupakan cara yang tepat untuk dilakukan karena hal tersebut dapat digunakan untuk sebuah relaksasi. Jadi, ketika seseorang bangun setelah tidur siang, suasana hatinya akan menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan memori daya ingat

Tidur siang secara rutin dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah serta mengingat hal-hal yang baru dipelajari. Tidur siang bahkan diketahui bisa mencegah gangguan memori, seperti demensia dan pikun. Namun, penerapan tidur siang harus memperhatikan waktu yang ideal karena bisa menjadi penyebab gejala demensia.

Dilihat dari manfaatnya, tidur siang sangat diperlukan untuk anak sekolah. Namun, biasanya mereka tidak bisa melakukan hal tersebut karena bentrok dengan jadwal sekolah. Mereka tidak mungkin tidur di tengah-tengah pelajaran karena itu merupakan tindakan yang tidak sopan terhadap guru. Namun, rasa kantuk sangat sulit untuk ditahan. Banyak anak yang berakhir ketiduran di kelas karena tidak sanggup menahan rasa kantuk. Hal tersebut akhirnya mengganggu waktu belajar mereka di sekolah.

Penerapan program tidur siang di sekolah sangat efektif bagi para anak sekolahan. Apalagi bagi mereka yang belum tentu ada waktu untuk tidur siang di rumah. Penerapan tidur siang di sekolah dinilai dapat mengoptimalkan konsentrasi siswa dalam pembelajaran akademik saat sekolah menerapkan sistem full day. Hasilnya, para siswa akan kembali bersemangat untuk mengikuti pembelajaran hingga sore hari.

Negara-negara maju banyak yang sudah menerapkan program tidur siang di sekolah. Mereka sangat memperhatikan kesehatan para siswanya karena merekalah generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, di negara-negara maju, tidur siang merupakan suatu kewajiban di beberapa sekolah di sana. Indonesia sebaiknya harus mulai memperhatikan kesehatan para generasi penerus bangsanya. 

Tidur siang mungkin dianggap hal sepele. Namun, hal sepele tersebut dapat berdampak pada hal besar lainnya di masa depan. Generasi penerus bangsa Indonesia perlu fokus dalam mengikuti pendidikan. Ilmu yang mereka dapatkan nantinya akan berguna untuk memimpin bangsa ini. Jika bukan mereka, siapa lagi?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline