Lihat ke Halaman Asli

Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change terhadap Teknologi Terbarukan pada Era Digitalisasi

Diperbarui: 31 Desember 2023   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak 

Era digitalisasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam bidang teknologi. Perkembangan teknologi yang pesat telah membuka peluang bagi mahasiswa untuk berperan aktif dalam membawa perubahan teknologi terbarukan. Digitalisasi pendidikan sangat lumrah terjadi di era serba teknologi, mahasiswa berperan penting dalam pemanfaatan teknologi terbarukan, dalam perannya sebagai agen perubahan mahasiswa menjadi suatu contoh dalam masyarakat untuk melakukan perubahan pada bangsa. Mahasiswa dapat berperan penting dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi terbarukan. Mahasiswa memiliki akses yang luas terhadap informasi dan sumber daya, serta memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, dan kreatif. Bagaimana memanfaatkan keunggulan yang mereka miliki, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang dapat mendorong pengembangan dan pemanfaatan teknologi terbarukan.

 Kata kunci: Agent of change, teknologi terbarukan, digitalisasi. 

Abstract 

The era of digitalization has brought significant changes in people's lives, including in the field of technology. The rapid development of technology has opened up opportunities for students to play an active role in bringing about changes in renewable technology. Digitalization of education is very common in the era of technology, students play an important role in the use of renewable technology, in their role as agents of change students become an example in society to make changes to the nation. Students can play an important role in the development and utilization of renewable technology. Students have extensive access to information and resources, and have the ability to think critically, and creatively, How to utilizing the advantages they have, students can become agents of change who can encourage the development and utilization of renewable technology. 

Keywords: Agent of change, renewable technology, digitization.

  PENDAHULUAN

 Era 4.0 atau revolusi industri 4.0 merupakan era teknologi digital telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat. Teknologi digital dapat mengubah bagaimana kita berkomunikasi, bekerja, belajar, dan juga bersosialisasi. Mahasiswa sebagai penerus bangsa tentunya memiliki perubahan yang berdampak besar terhadap kehidupan bermasyarakat dan berperan penting sebagai agen kontrol sosial. Mahasiswa sebagai agen perubahan harus berjuang untuk mengubah perekonomian dan sektor masyarakat lainnya. Mahasiswa juga berperan sebagai pengendali masyarakat dengan bertindak sebagai perantara antara pemerintah dan masyarakat. Mahasiswa berperan penting dalam memantau kebijakan pemerintah dan berperan aktif dalam kegiatan pelayanan sosial (Juhaeni dkk, 2023).

 Teknologi terbarukan yang menjadi sumber dari keinginan mahasiswa untuk menuangkan segala inovasi yang dimiliki merupakan teknologi yang memanfaatkan sumber daya terbarukan, seperti energi matahari, angin, air, dan panas bumi. Teknologi tersebut memiliki potensi untuk mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil sebagai sumber energi utama yang telah menimbulkan permasalahan yang sangat serius, terutama dalam hal ketahanan energi dan dampak yang terjadi terhadap lingkungan. Energi sangat penting bagi perekonomian, yang bergantung pada penggunaan nya sebagai bahan bakar, sumber bahan mentah, dan produk ekspor yang didapat. Seiring dengan pertumbuhan populasi dan perekonomian, permintaan akan kebutuhan energi semakin meningkat. Mewujudkan kebutuhan energi tersebut, Indonesia memerlukan berbagai sumber daya baik sumber daya manusia (sdm), sumber daya alam termasuk fosil (batu bara dan minyak bumi) dan tentunya sumber energi terbarukan (Alim dkk, 2023). 

Era digitalisasi adalah era di mana teknologi digital telah menjadi bagian integral dari keseharian masyarakat. Teknologi digital mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, belajar, maupun bersosialisasi. Teknologi terbarukan dapat menjadi solusi efektif untuk berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat era digitalisasi 3 dikarenakan bantuan dari teknologi digital dapat digunakan untuk mempromosikan sektor pertanian melalui konektivitas jaringan yang sudah tersedia. Teknologi membuat seluruh proses mulai dari produksi hingga pemasaran dan penjualan menjadi lebih efektif dan efisien. Teknologi digital memungkinkan akses terhadap modal dan pasar baru untuk dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi. Teknologi digital di sektor pertanian dapat dimanfaatkan dalam proses on-farm dan off-farm. Proses di dalam lahan pertanian yang memanfaatkan teknologi digital dapat digunakan untuk mengontrol aset dari jarak jauh, dan proses di luar lahan pertanian memanfaatkan teknologi digital dalam proses pemasaran (Krismono & Nasikh, 2022). 

Yogya Smart Services sebagai teknologi penyedia informasi terintegrasi yang merupakan inovasi pemerintah daerah, mewakili Yogyakarta sebagai kota cerdas dan layak huni. Pemanfaatan integrasi informasi publik diharapkan dapat memudahkan masyarakat memperoleh informasi yang akurat. Tujuan dari pengaplikasian inovasi ialah agar informasi yang akurat, cepat, dan tepat waktu mengenai perkembangan di kota Yogyakarta mudah diakses oleh masyarakat luas. Konsep pengelolaan kota, kabupaten, dan provinsi di Indonesia dan dunia saat ini mengarah pada konsep konsep cerdas seperti kota pintar, kabupaten atau kawasan cerdas, provinsi cerdas, dan desa cerdas. Kota pintar adalah teknologi yang menggabungkan elemen sosial, informasi, dan perkotaan untuk membangun kota berkelanjutan, kota yang dapat memiliki kota hijau, teknologi yang maju, perekonomian yang kompetitif dan inovatif, serta dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik (Gumilar, 2019).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline