Bahasa adalah cara terpenting untuk berkomunikasi dalam kehidupan sosial manusia. Bahasa Indonesia sangat penting untuk pendidikan di Indonesia karena tidak hanya berguna untuk menyampaikan informasi, tetapi juga membentuk cara berpikir siswa, kemampuan berbahasa mereka, dan kemampuan sosial mereka. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai sarana untuk menghubungkan berbagai bahasa lokal yang ada di masyarakat Indonesia. Bahasa Indonesia sangat penting untuk berkomunikasi di lebih dari 700 bahasa daerah, memungkinkan komunikasi yang efektif dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan (Ethnologue, 2020). Di tingkat sekolah dasar, khususnya di Sekolah Dasar, bahasa Indonesia sangat penting selain sebagai bahasa pengantar untuk mengajar. Dalam kelas, orang menggunakan bahasa ini. Fungsi Utama Bahasa Indonesia sebagai Alat Penyampai Informasi di Kelas sekolah dasar.
Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat utama untuk komunikasi antara guru dan siswa di kelas pendidikan dasar. Digunakan untuk menyampaikan informasi, petunjuk, dan penjelasan tentang materi pelajaran. Guru dapat memastikan bahwa semua siswa memahami apa yang diajarkan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik tanpa bahasa yang dimengerti secara bersamaan (Kusmaryanto, 2015). Bahasa Indonesia digunakan untuk menyampaikan informasi, arahan, dan penjelasan tentang materi pelajaran di sekolah dasar. Misalnya, guru berbicara tentang konsep matematika atau sains dalam bahasa yang digunakan siswa. Proses transfer pengetahuan akan terhambat jika tidak ada bahasa yang dipahami secara bersama, kebanyakan siswa di sekolah dasar tidak mahir berbicara.
Bahasa Indonesia membantu inklusi pendidikan Indonesia karena keragaman bahasa dan budayanya yang luar biasa. Sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia memainkan peran penting dalam menciptakan kesetaraan dan inklusivitas dalam pendidikan di Indonesia, terutama di kelas-kelas yang terdiri dari siswa dari berbagai latar belakang bahasa. Bahasa ini memungkinkan siswa dari berbagai daerah yang menggunakan bahasa ibu berbeda-beda untuk tetap berinteraksi dan belajar bersama (Sudirman, 2014).
Bagaimana bahasa Indonesia digunakan sebagai alat komunikasi dalam interaksi antara pendidik dan siswa sekolah dasar? Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar memainkan peran sentral dalam menyampaikan materi pelajaran. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana guru menggunakan bahasa Indonesia dalam menjelaskan konsep-konsep pelajaran kepada siswa dan bagaimana siswa merespon penjelasan tersebut. Menurut (Chaer, 2010), "Bahasa adalah sarana utama dalam pendidikan yang digunakan untuk mentransfer pengetahuan antara pengajar dan peserta didik.
Kejelasan dan kesesuaian penggunaan bahasa akan mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan" (hal. 56). Dengan demikian, permasalahan ini penting untuk dipahami agar bahasa Indonesia bisa berfungsi secara optimal sebagai alat komunikasi dalam proses pembelajaran.
Bagaimana bahasa Indonesia memfasilitasi interaksi sosial antara siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas sekolah dasar? Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga untuk interaksi sosial antar siswa. Di kelas sekolah dasar, banyak kegiatan yang melibatkan siswa dalam diskusi kelompok, tanya jawab, atau kerja sama dalam menyelesaikan tugas. Permasalahan yang muncul adalah sejauh mana bahasa Indonesia memfasilitasi komunikasi antar siswa dalam konteks ini.
(Fadilah, 2013) menyatakan bahwa "Interaksi sosial dalam kelas sangat dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam berbahasa. Keterampilan berbahasa yang baik akan memfasilitasi komunikasi yang efektif antar siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah penggunaan bahasa Indonesia dapat mendukung interaksi sosial yang produktif dan kolaboratif antar siswa.
Komunikasi bukan hanya dilakukan dengan menggunakan bahasa lisan. Ketika banyak orang berkumpul di satu tempat, menurut beberapa ahli, komunikasi pasti terjadi. Mereka tidak berbicara, tetapi mereka dapat berkomunikasi melalui bahasa tubuh, suara, dan ekspresi wajah yang tidak linguistik seperti menggerutu atau menggumam. Istilah umum "komunikasi" merujuk pada konsep yang lebih spesifik, bahasa, dalam hal komunikasi. terjadi ketika sistem simbol menerima makna yang teratur, seperti simbol, suara, bahasa tubuh, dan tanda. Jadi, Bahasa, menurut (Fridani, 2014), adalah perubahan komunikasi yang terdiri dari sistem simbol tertentu yang digunakan oleh sekelompok orang untuk berkomunikasi tentang berbagai konsep dan informasi.
Bahasa melakukan banyak hal, salah satunya adalah untuk berkomunikasi. Bahasa adalah cara manusia berkomunikasi. Ketika seseorang lahir, mereka mulai belajar berbicara. Bahasa pertama yang dipelajari adalah bahasa ibu, yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Bahasa yang biasa digunakan orang Indonesia adalah bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Menurut Sumpah Pemuda, bahasa Indonesia dan bahasa daerah adalah bahasa sehari-hari orang Indonesia, yang berarti bahwa bahasa Indonesia tidak hanya merupakan bahasa negara, tetapi juga bahasa nasional, dan setiap anggota masyarakat Indonesia dari berbagai wilayah menggunakannya dalam agenda kenegaraan. Bahasa lokal seperti Jawa, Minang, Batak, Mandailing, dll.Di Indonesia, bahasa utama akan digunakan dalam komunikasi.
Karena kemampuan mereka untuk bersatu dengan bahasa Indonesia, rakyat Indonesia tidak akan terpecah. Bahasa Indonesia digunakan secara tidak langsung dan langsung. Simbol tertentu dapat digunakan secara tidak langsung untuk menunjukkan sesuatu yang dilarang merokok, meskipun orang biasanya berbicara langsung dengan orang lain. Faktanya, Tujuan pendidikan bahasa Indonesia adalah untuk meningkatkan kesadaran guru, bisnis, kepala sekolah, dan siswa terhadap pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi dan pemersatu bangsa. Tujuan dan fungsi pembelajaran bahasa Indonesia di berbagai negara dibahas dalam artikel ini. termasuk buku, jurnal, dan internet. Dengan mengetahui tujuan dan fungsi pembelajaran ini, guru dan siswa dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di sekolah dasar.
Ini adalah artikel tentang berbagai cara guru dapat mengajar bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar empat keterampilan berbahasa siswa. Berbagai metode digunakan dalam tulisan ini. karena Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru harus memiliki kemampuan untuk memilih dan menerapkan strategi. Guru dapat menggunakan berbagai pendekatan untuk mengajar bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada empat keterampilan berbahasa. Disarankan untuk menggunakan berbagai pendekatan yang memberikan pengalaman belajar yang beragam bagi siswa karena setiap pendekatan dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berbahasa siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa Indonesia dapat digunakan untuk pembelajaran teks dan berkomunikasi.