Lihat ke Halaman Asli

Online 24 jam 7 hari dalam Teori Ketergantungan (Dependency Theory)

Diperbarui: 19 September 2015   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 

rickylicious.blogspot.com

 

Ketika kita sering membicarakan dunia maya di Indonesia banyak sekali situs aplikasi di Internet yang telah mengumpulkan banyak sekali teman, rekan, dan keluarga baik dekat maupun jauh. Situs tersebut adalah Twitter, Facebook, Instagram, Whatsapp dan aplikasi chatting lainnya yang memungkinkan kita untuk menggunakan berbagai cara untuk mengekspresikan diri kita dengan berbagai link, gambar dan status. Akan tetapi, situs media sosial tersebut telah menjadi sesuatu yang jauh lebih dari sekedar hobi. Fakta sosial menyatakan bahwa banyak orang yang tidak dapat membayangkan hidup tanpa jaringan sosial, serta di balik itu terdapat fakta lain bahwa dalam satu jam seseorang dapat membuka berkali-kali situs sosial media tersebut untuk mengecek status, timeline, dan komentar dari orang lain.

Komunikasi melalui sosial media bukan hanya sekedar Twitter, Facebook, Instagram, Whatsapp, tetapi BBM (Blackberry Messenger) yang dahulunya terdapat dalam handphone Blackberry sebagai aplikasi BBM yang kini telah hadir di Android. Dimana luas jaringan Android, mendorong seseorang 24/7 (24 jam Seminggu) menjelajahi dunia maya alias selalu aktif (online) menjadikan Android sebagai handphone "Sejuta Umat" yang dahulunya diduduki oleh Blackberry.

Berikut ini adalah situasi yang MENGKAITKAN dalam penggunaan MEDIA SOSIAL

 

1. Dalam Pertemanan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak yang terhubung dengan jaringan sosial media selama jam kerja, kuliah, sekolah maupun aktivitas lainnya. Sering terjadi keanehan dalam penggunaan sosial media, sering kali kita ingin di ketahui dengan orang lain dengan apa yang kita perbuat dan apa yang kita rasakan hingga kita melakukan yang namanya update status dll.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline