Lihat ke Halaman Asli

Kritik Seni Tari "Tari Jaipong"

Diperbarui: 4 Juli 2022   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • Deskripsi

Tari Jaipomg atau Jaipongan merupakan salah satu tarian daerah yang sangat terkenal dan juga sudah banyak masyarakat Indonesia yang mengetahuinya. Tarian ini adalah jenis tarian tradisional yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Tari Jaipong merupakan sebuah tarian yang lahir dari budaya Sunda. Tarian Jaipong ini diciptakan oleh Gugum Gumbira dan Haji Suanda. Gerakan-gerakan dalam tarian jaipong adalah sebuah gabungan  dari beberapa kesenian tradisional Contohnya seperti, Wayang Golek, Pencak Silat, dan Ketuk Tilu.

Karakteristik dari tarian ini adalah sangat enerjik dan juga unik. Dalam setiap pementasannya akan diiringi oleh musik-musik tradisional bernama degung. Selain tarian ini dilakukan secara enerjik, tarian ini juga dilakukan dalam suasana ceria dan humoris sehingga dapat membuat para penonton terhibur.

  • Analisis

Dalam pertunjukkan Tari Jaipong pada video "Tari Jaipong Karawang Goes to Korea di acara Indonesia Music Day Ansan" tersebut bisa dilihat para penari membawakan tari jaipong dengan sangat anggun dan begitu lemah gemulai sehingga sangat menarik untuk dilihat. Kostum dan juga make up yang mereka gunakan sangat cocok degan penampilan mereka. Dan dalam peryunjukkan itu terlihat penonton sangatat menikmati penampilan dari tari jaipong.

Dalam pertunjukkan tari jaipong ini yang di tampilkan di korea dapat memperkenalkan budaya Indonesia kepada para masyarakat korea keberagaman seni tari yang ada di Indonesia. Dengan adanya penampilan ini dapat membuat tarian jaipong bisa dikenal di luar negri dan tidak hanya terkenal didalam negri saja.

  • Interpretasi

Kostum dan tata rias pada tarian jaipong ditata sedemikian rupa, sehingga tari jaipong tersebut menggambarkan betapa indahnya tarian daerah tersebut. Tari jaipong memiliki pola gerakan yang cukup penting saat para penarinya mementaskan tarian itu diatas panggung. Pola gerakan yang terdapat pana seni tari jaipong ini memiliki pengaruh yang cukup besar pada penampilan penari saat mereka sedang tampil diatas panggung.

Para penari jaipong akan melakukan gerakan tarian dengan sangat enerjik, dan unik tetapi juga tetap terlihat mengesannkan dan sederhana. Meskipun melakukan gerakan yang sederhana, tarian ini tetap memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Sehingga banyak dari masyarakat yang menyukai, dan meminati tarian jaipong ini.

  • Evaluasi

Secara keseluruhan dari penyajian tarian jaipong pada video "Tari Jaipong Karawang Goes to Korea di acara Indonesia Music Day Ansan" tersebut amat sangat menarik. Para penari melakukan gerakan sangat kompak, sehingga enak dipandang. Kostum dan juga make up yang mereka gunakan sangat serasi dan juga bagus, dengan perpaduan warna dari kostum yang mereka gunakan satu sama lain. Lagu yang diputar atau yang digunakan pada tarian ini sangat pas atau sangat cocok dengan gerakan tarian para penari. Ekspresi dari para penaripun saat mensajikan tarian juga sangat bagus sehingga dapat menarik para penonton untuk melihat penampilan mereka dan dengan begitu merekapun terlihat seperti penari yang professional.

Sumber Penulisan Kritik Seni Tari :

YouTube Reza Aditya "Tari Jaipong Karawang Goes to Korea di acara Indonesia Music Day Ansan"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline