Lihat ke Halaman Asli

Alveni Zahra

Mahasiswi Pengelolaan Agribisnis

Upaya Koperasi dalam Memberikan Pembinaan pada Efektivitas Usaha Skala Mikro

Diperbarui: 2 November 2021   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

UPAYA KOPERASI DALAM MEMBERIKAN PEMBINAAN

PADA EFEKTIVITAS USAHA SKALA MIKRO

PENDAHULUAN

             Koperasi merupakan tiang tengah atau tonggak dan dijadikan sebagai internal dalam ekonomi nasional maka perlakuannya sangat penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan perekonomian rakyat(Suparman, Sulistia, Syamsir, & Engkus, 2019)

Masalah yang dialami koperasi secara menyeluruh kebanyakan dari sumber daya manusia yang mengelolanya, rendahnya daya dukung dalam permodalan, mengalami masalah dalam pemasaran, kurang update informasi teknologi, tidak memadainya inovasi, kuantitas dan kualitas yang kurang baik. Koperasi adalah suatu badan usaha yang didirikan oleh perseorangan dengan memebedakan kekayaan dan modal usaha dalam memenuhi kebutuhan bersama, agar mendapatkan kesejahteraan dan kemajuan dalam bermasyarakat. Usaha koperasi ini berguna untuk mengembangkan usaha berskala mikro agar masyarakat memiliki usaha yang menjamin kesehjateraan hidup mereka.

            Suatu usaha yang dibentuk pemerintah untuk membentuk perekonomian yang lebih layak adalah dengan membuat gerakan ekonomi rakyat. koperasi ini sebagai badan usaha untuk mendorong  kesejahteraan dan kemajuan dalam kehidupan rakyat. Perkembangan koperasi masih mengalami masalah dalam kelembagaan maupun dalam bidang usaha. Masalah ini bisa saja berasal dari dalam koperasi itu sendiri dan bisa juga berasal dari luar sehingga masalah yang dihadapi koperasi ini harus diselesaikan dari semua sisi. 

Masalah yang timbul bisa saja berawal dari anggotanya, kepengurusan  dan semua yang terlibat dalam koperasi. Dan untuk yang berada dari luar itu bisa masalahnya dengan pemerintah. Efektivitas adalah keadaan nyata yang sesuai dengan tindakan yang sudah dilakukan atau merupakan hasil dari sebuah kegiatan yang memiliki tujuan. Dalam membuka usaha kita harus melakukan pembinaan yang tepat agar mendapatkan usaha yang maksimal dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang yang melakukan oknum usaha ini. Untuk mendapatkan skala usaha mikro yang sejahtera maka pihak pemilik usaha harus mampu menanggulangi permsalahan  yang menjadi penghambat dalam pengaktifan usaha yang akan dilakukan.

            Pembinan itu sendiri dapat diartikan sebagai sistem binaan terhadap suatu masalah atau cara bagaimana menyelesaikan persoalan yang dihadapi(fausiah, 2016).

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di dalam usaha ada dua level usaha yaitu level mikro dan makro. Mikro memiliki cakupan yang lebih sempit dibandingkan dengan makro.usaha mikro ini merupakan usaha berskala kecil yang terdapat dalam sebuah kelompok masyarakat atau individu untuk mensejahterakan hidupnya.Untuk melakukan pembinaan pada usaha mikro,koperasi memiliki landasan dari kementrian untuk melakukan pelatiahn pada sumber daya manusia sebagai penggerak dari usaha mikro tersebut.Pembinaan dilakukan secara sistematis dan terstruktur agar apa yang ingin disampaikan dapat benar -- benar di pahami oleh masyarakat dan bisa diterapkan dalam usaha skala mikro.

PEMBASAHAN

            Ada banyak faktor yang menjadi penghalang bagi lancarnya jalan suatu koperasi dalam mendirikan usaha kecil dan menengah. menurut (Lestari & Kholil, 2018) memberikan pembinaan terhadap koperasi dapat dibentuk sebai berikut :

  • Perbaikan manajemen koperasi yang meliputi asfek kelembagaan, uasaha, dan keungan.
  • Perkuatan modal
  • Penilaian kesehatan koperasi
  • Pendidikan dan pembinan usaha anggota
  • Pemberian tindakan administratif.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline