Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Pesat Waralaba Mixue

Diperbarui: 8 Januari 2023   08:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Sosial media memberikan banyak dampak dalam kehidupan. Salah satunya di bidang ekonomi. Dengan adanya sosial media kita dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan mudah. 

Mulai dari memperkenalkan suatu produk, memasarkan produk hingga menjual suatu produk. Saat ini, sosial media sedang hangatnya membicarakan suatu produk yang berasal dari negeri Tiongkok yaitu es krim Mixue. 

Terkait viralnya Mixue disebabkan oleh cepatnya pembukaan cabang Mixue di berbagai daerah hingga terdapat pelaku sosial media yang membuat berbagai mim atau lelucon tentang Mixue.

Salah satu popularitas Mixue yang disorot oleh masyarakat yaitu pembukaan cabang Mixue yang berkembang secara pesat. Berbagai pertanyaan pun muncul, apa yang membuat Mixue sangat disukai oleh masyarakat sehingga Mixue dapat membuka usaha waralaba nya dengan cepat. 

Dilansir dari hadirr.com, terdapat suatu alasan yang membuat Mixue disukai oleh masyarakat. Yaitu dikarenakan harga yang tergolong murah dibandingkan kompetitor lainnya namun tetap memiliki cita rasa dan kualitas yang tinggi untuk konsumennya. 

Selain itu, karena manajemen waralaba Mixue yang efisien sehingga memudahkan bagi seseorang untuk mengajukan waralaba es krim Mixue. Tidak terkejut jika terdapat masyarakat yang menyebut Mixue adalah “Xiaomi” nya makanan. Karena strategi yang digunakan Mixue hampir sama persis dengan produk Xiaomi. Mengedepankan kualitas produk namun tetap menekan harga yang terjangkau bagi konsumen. 

Melihat dari kemudahan berwaralaba dan strategi Mixue dalam menguasai pasar tidak sedikit orang yang berminat untuk mengajukan waralaba es krim Mixue. Mengutip dari store.sirclo.com, setidaknya diperlukan modal awal sebesar Rp.700 juta hingga Rp.800 juta. 

Modal awal tersebut termasuk biaya investasi awal hingga pembukaan toko. Biaya tersebut bisa berubah tergantung daerah atau kondisi suatu gerai yang akan ditempati.

Namun, dengan pesatnya perkembangan waralaba Mixue dengan menggunakan strategi tersebut. Apakah Mixue termasuk usaha yang meyakinkan?. Mengingat peningkatan penjualan es krim mixue secara drastis terjadi karena viralnya di sosial media dan media massa lainnya. Dan es krim Mixue adalah produk yang cenderung elastis atau masih banyak sekali produk lainnya yang dapat menggantikan posisi Mixue. 

Selain itu, masih terdapat “Trust Issue” atau masalah kepercayaan masyarakat terhadap kehalalan bahan - bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim Mixue.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline