Problematika Tenaga Kerja
Tenaga kerja sering kali menjadi hambatan dalam suatu perusahaan atau industri. perusahaan tidak bisa mengabaikan adanya fakta dan realita bahwa ada sejumlah tenaga kerja yang tidak kompeten dalam perusahaannya.
Ketidakkompetenan tenaga kerja ini dapat terlihat dari gejala-gejala dalam suatu perusahaan antara lain yaitu sebagai berikut:
- Produktivitas yang rendah
- Ketidaksesuaian dengan tuntutan kerja
- Kegagalan berulang
- Sulit beradaptasi dengan teknologi
Kunjungi Lembaga Sertifikasi Profesi terlisensi BNSP - LSP Teknologi Digital https://lspdigital.id
Cara Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja
Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, kualitas tenaga kerja menjadi faktor penentu keberhasilan suatu perusahaan atau industri. Oleh Karena itu, penting memiliki tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas. Tenaga kerja yang berkualitas akan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di pasar kerja, meningkatkan produktivitas, dan memenuhi tuntutan pekerjaan yang semakin kompleks.
Adapun cara untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja bagi suatu perusahaan adalah
- Sertifikasi profesi
- Sertifikasi profesi adalah salah satu cara yang efektif untuk mengukur dan mengakui kualitas dan kompetensi tenaga kerja. Sertifikasi ini memberikan validasi atas profesi seseorang, sehingga meningkatkan kredibilitas mereka di dunia kerja.
- Selalu melakukan pelatihan baik soft skill maupun hard skill
- Baik soft skill maupun hard skill penting dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja. Pelatihan soft skill dan hard skill dapat membantu tenaga kerja menjadi lebih adaptif, inovatif, dan efektif dalam berkerja.
- Memantau dan mengevaluasi hasil kerja
- Evaluasi sangat penting dalam suatu proyek kerja. Bukan hanya pada hasil yang dicapai tetapi juga kepada para pekerjanya. Keberhasilan suatu proyek dalam perusahaan bergantung bagaimana tenaga kerja melakukan pekerjaannya.
- Pelatihan teknologi untuk menanggapi modernisasi
- Digitalisasi menjadikan seorang tenaga kerja harus senantiasa bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Banyak kasus saat ini yang mana pekerja tidak bisa beradaptasi dengan teknologi baru yang ada sehingga perusahaannya tidak lagi relevan dengan perkembangan jaman.
Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)
Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk melakukan penilaian kompetensi dan memberikan sertifikasi kepada tenaga kerja yang telah memenuhi standar keahlian tertentu dalam suatu profesi. Lembaga ini membawa peran penting dalam memajukan dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri. Oleh karena itu, tenaga kerja hendaklah mau turut mengikuti sertifikasi profesi tersebut yang juga berguna untuk keberlangsungan karir mereka
Kunjungi Lembaga Sertifikasi Profesi terlisensi BNSP - LSP Teknologi Digital https://lspdigital.id
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H