Lihat ke Halaman Asli

Zahid Fikri

Dosen Keperawatan UMM

Lantunan Indah Murojaah dan Setoran Hafalan Mahasiswa D3 Keperawatan

Diperbarui: 24 Oktober 2022   13:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada Rabu, 19 Oktober 2022 bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang tepatnya di kampus II. Para mahasiswa D3 Keperawatan tampak bersama sama sedang melantunkan ayat suci Al Qur'an.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh angakatan D3 Keperawatan mulai Angkatan 2020 hinggal mahasiswa baru dari Angkatan 2022 juga ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
Kegiatan ini dilaksanakan pada saat jam pertama perkuliahan yaitu pada pukul 07.00. Mahasiswa terlihat antusias dengan kegiatan ini. Karena selain membaca Al Qu'an bersama sama mahasiswa juga dibimbing oleh para mentor yang telaten dan kompeten bagi yang kurang lancar dalam membaca Al Qur'an.
Tidak lupa kegiatan ini juga didukung oleh prodi D3 Keperawatan. Sehingga kami mendapatkan fasilitas yang memadai seperti, memberikan ruang kelas sebagai tempat untuk membaca dan menghafal Al Qur'an. Dengan adanya fasilitas yang diberikan diharapkan mahasiswa dapat belajar secara fokus dan terarah.
Dalam kegiatan ini para mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan angkatannya dan setiap kelompok akan dibimbing oleh para mentor. Didalam kegiatan ini mahasiswa juga digalakkan untuk menghafal Al Qur'an.
Menurut salah satu mahasiswa D3 Keperawatan 2020 yaitu Lusi Ariyani, kegiatan ini sangat bermanfaat baginya karena ia measa bahwa dengan adanya kegiatan ini ia dapat membaca Al Qur'an bersama dengan teman teman dan belajar untuk menghafal Al Qur'an. Saat diwawancarai ia berkata "Saya sangat senang dengan kegiatan murojaah ini. Saya bisa membaca Al Qur'an bersama teman teman. Saya juga senang karena bisa belajar menghafal al Qur'an. Dengan adanya kegiatan ini saya merasa lebih semangat dalam melaksanakan pembelajaran. Karena pembelajaran diawali dengan membaca Al Qur'an dimana kegiatan tersebut Insyaa Allah akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT". Ia sebagai mentor mengaku senang karena telah diberi kesempatan untuk mengamalkan ilmunya dalam membaca Al Qur'an.
Sebagai penutup, saya sebagai penulis juga ingin berterima kasih kepada Prodi D3 Keperawatan karena telah memberikan fasilitas berupa kegiatan murojaah dan menghafal Al Qur'an kepada mahasiswa D3 keperawatan. Semoga kegiatan ini senantiasa bermanfaat dan dapat memberikan keberkahan bagi kita semua. Amiin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline