Lihat ke Halaman Asli

Zaharo Assaffanah

Mahasiswa IAIN Jember

Guruku Sangat Hebat.

Diperbarui: 3 April 2020   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

By : Zaharo Assaffanah

Guru Sangat Hebat.

Masih adakah yang sanggup berjalan menempuh kehidupan tanpa guru? Tanpa guru? Mandiri? Tetap kehidupanlah yang akan menjadi gurumu. Seperti apa guru? Beliau yang yang mengajar dan mendidik kita agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam sejarah kita yang sangat panjang dan luas, guru yang baik dan sejati adalah guru yang selalu berbagi ilmu kepada muridnya tanpa takut kehilangan ilmunya. Beliau tidak akan pernah berfikir seberapa letih pencarian panjang dalam menemukan ilmu nya, tanpa berkehendak meminta imbalan kepasa muridnya, beliau juga tidak meminta imbalan atas jerih payahnya.

Guru yang mengedepankan rasa kepedulian, kerja sama tim, kasih sayang, kebaikan dan tolong menolong serta pentingnya bersosialisasi dengan teman sekelas adalah guru yang dapat membangun empati yang baik dalam diri murid. Mungkin yang di minta beliau adalah kesungguhan dalam belajarnya, dan mendengarkan saat dia menyampaikan materinya. Guru sejati sepenuhnya mengerti bahwa ia akan selalu berada di tangga lebih tinggi manakala ia tidak menghendaki apapun hanya berbagi ilmu.

Peran guru di sekolah tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun. Oleh karenanya, guru harus benar-benar menyiapkan diri menjadi guru yang hebat. Guru yang hebat adalah guru yang mengabdikan dirinya secara totalitas dan memandang bahwa mencerdaskan siswanya adalah kewajibannya. Salah satu ciri utama guru hebat adalah menjadi guru dihati siswa bukan menjadi guru di mata siswa. 

--William A. Ward (Penulis, 1921-1994) berkata---

"Guru biasa hanya memberitahu. Guru baik menjelaskan".

"Guru yang sangat baik menunjukkan. Guru hebat menginspirasi".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline