Lihat ke Halaman Asli

Zahara Sitio

Penikmat Kopi

Pemuda Batak Bersatu PAC Kembangan Berbagi Kasih bagi Petugas Pemakaman TPU Tegal Alur

Diperbarui: 20 Juli 2020   01:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemuda Batak Bersatu PAC Kembangan Berbagi Kasih bagi petugas pemakaman TPU Tegal Alur, Sabtu (18/7/2020). Foto (PAC Kembangan)

JAKARTA. Pandemi covid-19 yang terjadi di Jakarta sejak Maret 2020, membuat jumlah pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat meningkat.

Sejak ditetapkan sebagai tempat pemakaman khusus covid-19, petugas sebagai garda terakhir covid-19 harus bekerja secara ekstra. Pasalnya, jika melihat berita di media cetak maupun elektronik, kesan virus corona yang menakutkan cukup menghantui pekerja penggali makam.

Semangat dan totalitas para petugas pemakaman ini mendapat perhatian khusus dari organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Batak Bersatu, terutama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kembangan Jakarta Barat dengan memberikan bantuan sembako untuk para petugas pemakaman di TPU Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (18/7/2020).

Ketua PAC Kembangan Donald F Bakkara sebelum menyerahkan bantuan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para penggali kubur dan semua pihak yang bertugas memakamkan jenazah covid-19.

"Tugas bapak-bapak sangatlah mulia. Seolah tak pernah lelah membantu memakamkan jenazah para korban covid-19 dengan layak. Tapi kadang keberadaan bapak-bapak luput dari perhatian kami sebagai masyarakat biasa. Padahal pekerjaan kalian juga sangat beresiko," kata Donald didampingi pengurus dan anggota PAC Kembangan yang hadir sekitar 20 orang.

Karena itu, lanjut Donald, Pengurus dan Anggota Pemuda Batak Bersatu (PBB) PAC Kembangan memberikan bantuan sembako sebagai bentuk kepedulian terhadap para petugas di TPU Tegal Alur.

"Kita tidak boleh mengabaikan keberadaan mereka (para penggali makam)," imbuh Donald.

Pengurus dan anggota Pemuda Batak Bersatu DPC dan PAC Kembangan, Jakarta Barat bersama petugas TPU Tegal Alur. Foto (PAC Kembangan)

Menurut Muhadi, selaku Humas Pengamanan Dalam (Pamdal) TPU Tegal Alur yang mewakili TPU Tegal Alur, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh ormas Pemuda Batak Bersatu PAC Kembangan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemuda Batak Bersatu khususnya PAC Kembangan yang telah memberikan perhatian dan bantuan untuk kami yang bertugas memakamkan jenazah-jenazah covid-19. Bantuan ini sangat berguna bagi kami," kata Muhadi yang juga menyebut ada sekitar 80 petugas pemakaman di TPU Tegal Alur.

Kata Muhadi, langkah PAC Kembangan ini bukti masih ada ormas yang peduli terhadap upaya penanggulangan corona dan menganggap persoalan covid-19 adalah tanggung jawab bersama.

Apa yang telah dilakukan PAC Kembangan lanjut Muhadi, bisa menjadi contoh dan role model bagi ormas lain untuk peduli terhadap sesama yang sedang membutuhkan saat ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline