Lihat ke Halaman Asli

Hubungan antara Penataan SDM dengan Konsep MSDM

Diperbarui: 21 Desember 2021   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Pribadi : Penerapan Penataan SDM

Kualitas Sumber Daya Manusia Merupakan Kunci Keberhasilan Masa Depan Bangsa. SDM Yang Unggul dan Berdaya Saing Akan Mengantar Indonesia Sejajar dan Disegani Bangsa Lain. (B. J . Habibie, Presiden Ke-3 Indonesia)

Dalam bekerja sangat penting sekali akan adanya profesionalitas. Hal ini berhubungan dengan bagaimana penataan sistem manajemen sumber daya manusia yang baik. 

Termasuk seperti dalam perencanaan MSDM, rekrutmen, pelatihan & pengembangan, penilaian kerja, pemberian kompensasi, motivasi dalam kerja dan lain-lain. 

Itu semua termasuk aspek dalam penataan sumber daya manusia. Tanpa adanya penataan yang baik, sistem kerja yang ada, akan jauh dari hasil sempurna atau dalam kata lain tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Penataan sumber daya manusia ini akan berdampak sangat positif. Contohnya, seperti meningkatnya ketaatan pekerja dalam peraturan yang ditetapkan perusahaan, meningkatnya efektifitas kinerja sumber daya manusia, meningkatnya profesionalisme sumber daya manusia, meningkatnya kedisiplinan sumber daya manusia, meningkatnya pengelolaan yang baik dalam kinerja sumber daya manusia. 

Dari penataan sumber daya manusia, akan menghasilkan berbagai aspek dengan penataan sumber daya manusia yang baik. Berikut ini adalah aspek-aspek yang dipengaruhi dengan adanya penataan sumber daya manusia. :

Perencanaan Tenaga Kerja

Karier Metode Peramalan Permintaan (Demand Forecasting) :

* Pendapat para ahli (teknik Delphi)

* Analisa Trend

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline