Lihat ke Halaman Asli

Zaenal Ibrohim

Owner ib_bouquet

Sumatif Tengah Semester di SDIT Baitul Aqil Sebagai Pengganti PTS di Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 23 Oktober 2023   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sumatif Tengah Semester di SDIT Baitul Aqil Sebagai Pengganti PTS di Kurikulum Merdeka Merupakan Salah Satu Program Pendidikan Berkaitan dengan PAI

Kurikulum merdeka merupakan salah satu bentuk kurikulum yang diterapkan di Indonesia. Kurikulum ini menekankan pada potensi, minat, dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan lebih mengutamakan pada pengembangan keterampilan hidup dan keterampilan abad ke-21 serta mengintegrasikan pembelajaran dengan lingkungan sekitar. Selain itu, kurikulum merdeka juga membuka kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi minat atau bakat yang dimilikinya sehingga dapat memperoleh pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Kurikulum merdeka mulai diterapkan pada tahun 2021 di Indonesia.

dalam kurikulum merdeka kita akan akan dikenalkan dengan sumatif, salah satunya sumatif tengah semester, apa itu sumatif? pasti itu adalah pertanyaan yang muncul dalam benak para pembaca, baik berikut saya informasikan lebih luas mengenai pertanyaan tersebut.

Sumatif tengah semester adalah jenis evaluasi yang dilakukan oleh guru atau sekolah pada tengah semester sebagai penilaian terhadap proses belajar mengajar yang sudah dilakukan selama setengah semester. Sumatif tengah semester biasanya dilakukan untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan, mengetahui kemajuan proses belajar mengajar, serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar sehingga dapat diambil tindakan yang lebih tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kelas tersebut. Jenis evaluasi ini termasuk dalam salah satu bentuk penilaian hasil belajar yang penting untuk membantu siswa dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Nah di SDIT Baitul Aqil sendiri telah menggunakan Kurikulum Merdeka dan beberapa minggu kebelakang sudah melaksanakan sumatif tengah semester, meskipun namanya beda namun esensi dan praktis nya sama saja hanya perbedaan di segi kategori penilaian dan tekhnis pembuatan soal. Salah satunya di Mata pelajaran PAI sendiri ada beberapa perbedaan, muali dari jenis dan jumlah soal juga evaluasi setelahnya. 

Namun demikian Alhamdulillah pelaksanaan Sumatif Tengah Semester Berjalan dengan baik dan lancar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline