Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Belajar Geometri 3D dengan Software Wingeom dan Cabri 3D

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14005865511234668822

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemudahan kepada sya , sehingga saya dapat menyelesaikan tugas extra akhir semester ini.

Tugas extra akhir semester ini merupakan salah satu tugas yang bisa dikatakan wajib dikerjakan di mata pelajaran matematika . Laporan Tugas extra akhir semester ini disusun sebagai pelengkap tugas extra akhir semester yang telah dilaksanakan selama satu semester yaitu semester genap

Dengan selesainya tugas extra akhir semester ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada saya. Untuk itu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada : Bapak Lukas Sumarno, selaku guru matematika yang telah memperkenalkan beberapa software matematika seperti Wingeom dan Cabri sebagai media pembelajaran yang interaktif , Setelah dulu beliau memperkenalkan aplikasi geogebra .tak lupa teman – teman kelas XI TKI A yang telah mensuport saya dalam menyelsaikan tugas extra akhir semester ini.

Banyak sekali pengalaman yang bisa saya dapatkan dengan mempelajari aplikasi ini selain sebagai media belajar tetapi aplikasi – aplikasi ini bisa kita manfaatkan sebagai media bermain .Selain itu Wingeom dan Cabri  ini sangat  membantu dalam pembelajaran matematika karena keduanya mempunyai cara yang lebih praktis , cepat , dan juga menyenangkan. Hasilnya pun selalu tepat selain itu sangat  membantu dalam pengerjaan manual. Wingeom dan Cabri ini kami gunakan dalam membantu belajar Geometri 3 Dimensi yang hubungannya dengan membuat bangun ruang , mencari luas permukaan bangun , mencari volume  dan membuat jaring – jaring dari sebuah bangun ruang .

Sama seperti pada Geogebra, pertama saya bingung dengan penggunaan  aplikasi Wingeom dan Cabri ini mungkin karena saya pemula dan belum mengerti cara menggunakannya apalagi saat belum tau apa fungsi dari menu-menu yang terdapat pada aplikasi tersebut.  Tapi setelah terbiasa bekerja dengan Wingeom dan Cabri saya mulai mengerti penggunaan aplikasi tersebut, tetapi sampai detik ini masih banyak fungsi – fungsi yang belum saya kuasai dan saya pahami.tetapi dengan saya terus belajar , semoga saya bisa menguasai sepenuhnya penggunaan software ini.

SOFTWARE WINGEOM

Jadi Program  Wingeom merupakan salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik (dynamic mathematics software) untuk topik geometri. Program ini dapat digunakan untuk membantu pembelajaran geometri dan pemecahan masalah geometri. Program Wingeom dibuat oleh Richard Parris. Program ini dijalankan under windows. Secara umum ada dua versi Wingeom, yaitu yang dijalankan dengan Windows 3.1 (versi  compile terakhir: 2 Agustus 2001) dan yang dijalankan dengan Windows 95/98/ME/2K/Vista. Jendela utama Wingeom memuat dua menu utama yaitu Window dan Help.

Menu windows  ini memuat beberapa sub menu seperti :

1)2-dim

Membuka program Wingeom untuk geometri dimensi dua.

2)3-dim

Membuka program Wingeom untuk geometri dimensi tiga.

3) Hyperbolic

Membuka program Wingeom untuk geometri hiperbolik

4)Sperical

Membuka program Wingeom untuk geometri bola.

5)Voronai

Membuka program Wingeom untuk diagram voronai.

6)Guess

Membuka program Wingeom untuk memprediksikan macam-  macam transformasi    yang mungkin                  dengan menggunakan dua buah segitiga.

7)Tesselation

Membuka program Wingeom untuk menampilkan macam–macam pengubinan dari bangun-bangun                  geometri dimensi dua.

8)RGB demo

Membuka program Wingeom untuk simulasi pencampuran warna RGB.

9)Open last

Membuka kembali  file  yang    terakhir dibuka  saat  program dijalankan

10) Use defaults

Mengembalikan tampilan ke settingan awal.

11) Exit

Menutup aplikasi

Help

Menu Help terdiri dari submenu help, tips dan about. Submenu help beisi tentang keterangan penggunaan program secara umum, submenu tips menampilkan tip-tip dalam menjalankan program Wingeom, sedangkan submenu about berisi tentang informasi identitas dan sumber program Wingeom. Tampilan jendela submenu About dapat dilihat pada Gambar

SOFTWARE CABRI

1400586891166654954

Cabri 3D merupakan software yang memiliki banyak icon menu yang dapat digunakan menjelaskan materi aljabar, analasis, geometri dan trigonometri. Sesuai dengan gambar di bawah ini Cabri 3D memiliki 6 menu meliputi file, edit, display, document, window dan help.

Setelah kita mengenal aplikasi Wingeom dan Cabri selanjutnya saya menggunakan keduanya untuk menyelesaikan soal matematika yang berhubungan dengan Geometri. Contohnya adalah menggambar jaring – jaring kubus menggunakan  Wingeom dan  menentukan  Volume bola dengan Cabri.

Langkah – Langkah Menggambar Jaring – Jaring Kubus Menggunakan  Wingeom Dan Menentukan  Volume Bola Dengan Cabri.

Langkah – langkah menggambar jaring – jaring kubus menggunakan  Wingeom


  1. Buka  Wingeom terlebih dulu.
  2. Pada menu Window pilih 3-dim

14005874201132276624

3. klik Unit > Polyhedral > Box, dan mengisi submenu rectangular box yang menyatakan panjang                             rusuk yang kita inginkan. Misalnya rectangular box tersebut length, width dan height kita isi                                dengan 4, berarti kubus yang muncul mempunyai ukuran panjang rusuk 4 satuan panjang. Setelah                      mengisi lalu kita klik ok.

140058760874791594

4. Dan ini lah kubus yang dibuat

1400587777669637241

5. Untuk mewarnainya kita pilih menu Edit > Linear Elements . Kemudian muncul kotak dialog Edit                        Linear Item. Untuk mewarnainya kita pilih sisi mana yang akan diwarnai, lalu klik color dan pilih                        warna. Begitupun selanjutnya untuk sisi yang lain.

14005878631877713528

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline