Lihat ke Halaman Asli

Zaenal Arifin

Kawula Alit

Lima Pasangan Indonesia Lolos ke Semifinal

Diperbarui: 30 Maret 2019   00:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Della dan Tania. Sumber : Okezone

Hasil membanggakan diraih duta Bulu Tangkis Indonesia. Dalam lima pertandingan perempat final hari ini Jumat (29/3/2019), semuanya mampu meraih hasil positif. Kepastian itu didapat, setelah pertandingan wakil ganda putra Indonesia Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama mampu menaklukkan perlawanan Tim Malaysia Mohamad Arif Abdul Latif/Nur Mohd Azryin Ayub. Pertandingan yang berlangsung tiga set dengan skor akhir 21-18, 14-21, 21-17 akhirnya memastikan lima pasangan Indonesia melaju ke putaran berikutnya.

Pertandingan sesama wakil Indonesia juga tersaji seru. Hafiz/Gloria mampu mengkandaskan Owi/Winny dua set langsung tanpa balas 21-17 dan 21-14. Derbi merah putih yang berlangsung di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India ini berlangsung selama 28 menit sesuai dengan prediksi para official pasangan Hafiz/Gloria lebih diunggulkan daripada pasangan baru yang terbentuk pasca Liliyana Natsir (Butet) gantung raket (27/3/2019).

Pertandingan perempat final pertama wakil Indonesia hari ini berlangsung seru. Della Destiara Haris/Tania Oktaviani lolos ke semifinal, setelah berjibaku menyngalahkan pasangan ganda putri unggulan Malaysia Vivian Hoo/Yap Cheng Wen. Della/Tania pontang-panting mengejar ketertinggalan di game pertama sempat tertinggal 4-7 di awal laga, akhirnya mampu menyamakan skor 10-10 di pertengahan set pertama. 

Dua poin beruntun berikutnya mampu diraih Hoo/Yap. Momentum keunggulan tersebut mampu dimaksimalkan, dan di akhir laga set pertama pasangan Malaysia unggul 16-21.

Pada set kedua sempat terjadi kejar-kejaran angka. Della/Tania unggul tipis 7-6, untuk kemudian melaju memperoleh tidak angka beruntun. Keunggulan empat angka menjadi pendorong semangat Della/Tania untuk memperoleh poin demi poin. Kedudukan 14-10 Della/Tania kembali memperoleh empat angka berturut-turut 18-10. Di akhir set kedua, Hoo/Yap menambah empat ekor dan pasangan Indonesia tiga skor. Pertandingan tersebut berakhir dengan keunggulan pasangan Indonesia 21-14.

Di Bapak penentuan, kepercayaan diri Della/Tania bertambah tinggi. Mereka mampu unggul jauh 11-5 dari pasangan Malaysia. Konsistensi permainan Della/Tania baik serangan cepat maupun pertahanan kuat mampu ditunjukkan. Sementara Hoo/Yap sering melakukan kesalahan sendiri. Praktis set ketiga menjadi milik Della/Tania mereka menang mudah dengan skor 21-12.

mlMenyusul Della/Tania, unggulan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriani Rahayu mampu mengkandaskan perlawanan tuan rumah. Greysia/Apriyani menang dua set langsung atas pasangan Aswini Ponnappa/Reddy N Sikki dengan skor 21-10 dan 21-18. Pada game kedua sebenarnya pasangan Indonesia sempat tertinggal jauh 3-10, namun mereka mampu membalikkan keadaan. Mereka pun akan menghadapi saudarinya di babak semifinal Della dan Tania.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti harus jatuh bangun menghadapi pasangan Rusia, Rodion Alimov/Alina Davletova hingga tiga set. Pada game pertama pasangan ganda campuran Praveen/Melati harus mengakui keunggulan Russia 19-21. Pada set kedua pasangan ganda campuran urutan ke-15 dunia ini langsung tancap gas dan membalikkan keadaan menjadi 22-20.

Sebenarnya pada awal laga kedua Indonesia sudah unggul empat angka 11-7, namun daya juang pasangan unggulan Rusia tersebut mampu mempersempit jarak menjadi 17-16. Sempat tertinggal 19-20, akhirnya pasangan Indonesia menambah dua angka beruntun dan memenangkan set kedua. Di game ketiga nyaris tidak mengalami kendala berarti. 

Sejak awal laga sudah memimpin, hingga paruh set ketiga unggul empat poin 11-7. Perolehan poin demi poin, menyebabkan pasangan ganda campuran Indonesia melaju ke putaran berikutnya dengan skor telak 21-13.

Dengan hasil ini Indonesia memastikan diri meloloskan lima wakilnya di babak semi final yang akan dihelat Sabtu (30/3/2019). Yaitu dua pasangan ganda putri Della/Tania, Greysia/Apriani. Dua pasangan ganda campuran Praveen/ Melati dan Hafiz/Gloria. Serta satu pasangan ganda putra Ricky/Angga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline