Lihat ke Halaman Asli

Zaenab

mahasiswa

Menunjang UMKM Desa, KKN UIN Gusdur Pekalongan Gelar Pelatihan Pembuatan Serbuk Jahe Instan

Diperbarui: 26 Oktober 2022   06:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesamiran, 01 Oktober 2022. Mahasiswa KKN UIN Gusdur Pekalongan menggandeng Karang Taruna Desa Kesamiran mengadakan pelatihan pembuatan serbuk jahe instan debgan tujuan untuk menunjang UMKM warga Desa Kesamiran khususnya dikalangan pemuda desa tersebut.Jahe merupakan tanaman yang banyak dijumpai di indonesia khususnya di daerah yang dingin seperti pegunungan, salah satunya Kabupaten Tegal sebagian wilayahnya berupa dataran tinggi yang memiliki hasil bumi salah satunya adalah jahe. Seperti yang kita ketahui bahwasanya jahe memiliki khasiat yang banyak dan bermanfaat bagi tubuh seperti:1. Membantu mengatasi osteoarthritis,
2. Menurunkan gula darah,
3. Mengobati gangguan pencernaan,
4. Mengurangi kadar kolesterol,
5. Mencegah kanker, dan manfaat lainnya.

Memanfaatkan hasil bumi berupa bahan mentah untuk menunjang perekonomian dan mendorong Karang Taruna untuk terus aktif melakukan inovasi yang mana tanpa mereka sadari bahwa mengolahnya lebih dulu akan memiliki nilai jual yang tinggi daripada menjualnya langsung. Dengan itu KKN UIN Gusdur Pekalongan Kelompok 87 melaksanakan pelatihan jahe agar pemuda khususnya karang taruna Kesamiran mendapatkan pengetahuan dan skill baru mengenai pengolahan jahe sehingga dapat menjual dengan produk yang lebih berkualitas tinggi dan bernilai jual tinggi pula.

whatsapp-image-2022-10-26-at-01-01-42-635825624addee1f27764612.jpeg

Pelatihan ini diharapkan menambah wawasan untuk pengolahan hasil bumi berupa bahan mentah yakni tanaman jahe yang mampu dikembangkan menjadi produk serbuk jahe instan dengan dikemas menarik kemudian didorong dengan cara memasarkan produk yang tepat. (MY/KKN87)



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline