Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UPGRIS Ikut Serta dalam Kegiatan Posyandu Serta Pembagian Vitamin A

Diperbarui: 9 Februari 2022   07:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Patemon,07 Februari 2022

POSYANDU- merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan oleh petugas kesehatan atau pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Tujuan diadakan Posyandu di Desa Patemon yaitu untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan nifas di desa tersebut. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB yang menunjang tercapainya masyarakat sehat sejahtera. Kegiatan pokok Posyandu yaitu KIA, KB, Imunisasi, Gizi, Penanggulangan diare.

''Kegiatan Posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan setiap satu bulan sekali meskipun tanggalnya berbeda dan untuk pemberian vitamin A diberikan pada bulan Februari dan Bulan Agustus'' Ujar Ibu Novi (Senin, 07/02/2022).

Keikutsertaan mahasiswa KKN UPGRIS dalam kegiatan Posyandu diharapkan dapat membantu meringankan kerja dari petugas kesehatan maupun petugas dari Posyandu. Pada Kegiatan Posyandu pagi ini yaitu ada pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, lingkar bahu dan pembagian vitamin A kepada Batita dan Balita. Pemberian vitamin A pada bayi bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare. Selain itu membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat gelap dan mencegah kelainan pada sel-sel epitel termasuk selaput lendir mata.

Jumlah vitamin A yang diberikan kepada anak sesuai dengan daftar isi link formulir yang telah di isi warga dari Puskesmas Sekaran pada Bulan Desember 2021. Dalam acara tersebut anak-anak dan orang tua memperhatikan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Kemudian untuk menghindari kerumunan pada saat pemberian vitamin A disediakan nomor urut kedatangan dan mengisi daftar hadir. setelah itu Balita di ukur satu persatu oleh petugas Puskesmas Sekaran di bantu oleh Mahasiswa KKN UPGRIS, pelaksanaan Posyandu dimulai pukul 09.00 s/d 11.30 WIB. 

Selain itu ada pemerikasaan ibu Hamil yang ditangani oleh petugas kesehatan. selanjutnya untuk bayi yang baru lahir atau belum pernah ke Posyandu, akan diberi buku pelaporan penimbangan dilengkapi dengan FC KK terbaru. Setelah selesai ditimbang dan diukur tinggi badan, kami memberikan bubur, pisang dan jus jambu kepada balita dan mencatat perkembangan anak di buku catatan mereka masing-masing. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan mengontrol tumbuh kembang balita khususnya di era pandemi Covid-19. Kegiatan ini dharapkan dapat memberikan manfaat sekaligus dapat meningkatkan kesehatan balita di Desa Patemon sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline