Lihat ke Halaman Asli

Neza Putri Ayu

sebagai siswa

Pemuda Sukses dengan Usahanya

Diperbarui: 23 Maret 2023   12:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Lhokseumawe Aceh, di suatu hari pemuda dengan berdasi abu --abu  ini mempunyai menset dirinya sendiri dengan kata -- kata ini '' tidak semua yang kau inginkan bisa kau miliki, tetapi yang terbaik untukmu pasti allah beri''. Dalam hal ini kita bisa belajar bahwa tidak semua kemauan bisa kita raih dengan mudah, maka cobalah berusaha dengan usaha yang kau miliki , agar keinginanmu bisa tercapai, ia bercita cita untuk melanjutkan pendidikannya di luar negeri . seorang teuku Adam adalah siswa dengan multi talentanya bisa mendapat nilai tertinggi se provinsi pada ujian nasional .

Setelah kelulusannya ia sangat berkeinginan untuk kuliah , ia mencari banyak peluang ,hingga pada suatu hari ia berkuliah di universitas Al --azhar kairo mesir . Ia sangat bahagia lalu ia meminta ridho dan izin pada orangtuanya ,setelah mendapatkan izin ia segera berangkat ke Mesir. Memang Adam sudah mahir bahasa arab dan bahasa inggris jadi ia bertekad untuk kuliah di luar negeri. Adam bertemu dengan berbagai macam orang dengan banyak perbedaan seperti ras, suku, budaya agama ,adat istiadat ,tapi adam mengahargai semua itu.

Ia juga memiliki 3 seorang teman yang baru ia kenal  di apartemen, di antaranya ada Mahmod ali ia bersal dari sudan , salah satu di benua bagian benua Afrika ia ber --raskan negro , ia juga bisa berbahasa Afrika sehingga adam sedikit banyak belajar pada Ali. Adam juga memiliki teman bernama Umar alhabsyi yang berasal dari Yaman tepatnya di tarim yang di kenal dengan julukan kota seribu wali. Umar sangat pandai memasak makana khas yaman seperti  fatamouz, ka'ak, roti maryam, bachamiel, samosa, dan masih banyak lainnya lagi , sehingga ketika adam berada di apartemen ia suka jika di masakkan oleh Umar dengan makanan khas  arab.

Dan ada juga temannya yang berasal dari negeri matahari  , ia bernama Higashi mikasa hitho , Hitho juga berkulit putih  dan bermata sipit , ia menceritakan adab sebelum bersantap di jepang seperti makan menggunakan sumpit, suasana harus damai atau tidak bising, dan masih banyak lainnya.

Adam menjalani banyak waktu untuk mengerjakan kelulusan  sesuai target  hingga tiba saatnya waktu yang di tunggu -- tunggu adam akhirnya di wisuda dengan perolehan nilai sempurna dan waktu  yang ia targetkan.

Satu minggu setelah wisuda  adam  kembali ke tanah air, ia di sambut haru oleh keluarganya , Adam bahagia dan orangtuanya pun sangat bangga padanya. Pada suatu hari paman Adam berkunjung ke rumahnya lalu menawarkan beasiswa dari universitas indonesia pada aAdam . adam berfikir apakah ia akan melanjutkan kuliah nya s2 tahun ini atau tahun depan . Adam pun segera meminta pendapat pada ayah dan ibunya , orangtua adam pun menyarankan agar Adam melanjutkan s2 nya pada tahun ini. Setelah 2 bulan ia berangkat ke Jakarta untuk melanjutkan s2nya dengan ridho dan atas izin orangtuanya. Lagi -- lagi Adam mendapatkan teman yang mempunyai perbedaan dengannya seperti sebelumnya di Mesir.  Salah satunya dengan teman se rumah kos nya yang 1 kamar yang beranggotakan 5 orang mereka adalah Choky, Agung, Adhi, Reza, dan Adam sendiri. Mereka berbeda agama ,ras, suku, budaya tentunya.

Seperti Choky yang beragama kristen yang berasal dari ternate, Choky sangat rajin dan taat dalam beribadah setiap minggunya  untuk pergi ke gereja, lalu ada temanku yang sangat kreatif dalam melakukan hal apapun ,pelawak  dan ia bernama I made Agung pangestu yang berasal dari Denpasar Bali. Agung beragama hindu , ia bercerita tentang saudaranya yang meninggal dan di proses dengan upacara ngaben dan ia juga sangat suka memasak ayam betutu khas Bali.

Tidak lupa dengan temanku yang satu ini Adhi namanya ia beragama buddha yang berasal dari Yogyakarta , setiap liburan semester ia selalu pulang kampung dan sebaliknya ia kembali membawakan oleh -- oleh untuk kami yaitu makanan khas jogja yaitu gudheg, pie khas jogja asli dan lainnya. Oh ya aku hampir menyebutkan temanku yang satu ini namanya adalah Reza ia berasal dari maluku ia beragama katholik.

Lamanya waktu dengan perjuangan keras , 2 tahun berlalu Adam kembali lagi meraih prestasi yang luar biasa sama dengan sebelumnya seperti saat SMA . tangis haru menyelimuti keluarganya karena bangganya. Adam mulai mengajar di salah satu sekolah dasar dan universitas swasta di Aceh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline