Lihat ke Halaman Asli

Lailatul Qadr

Diperbarui: 24 Juni 2015   11:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

ARTI LAILATUL QADR

Lailatul qadr mempunyai banyak penafsiran. Diantaranya malam kemuliaan,karena pada malam itu adalah malam turunnya Al-Qur'an dan pada malam itu para malaikat turun ke bumi dengan membawa rahmah, barakah dan maghfirah.

Lailatul qadr juga bisa di artikan malam kepastian, karena pada malam itu segala taqdir untuk setahun kedepan akan di catatkan.

KEUTAMAAN LAILATUL QADR

Lailatul qadr mempunyai banyak keutamaan. Diantaranya firman ALLAHSWT dalam surat Al-Qadr. Dimana disitu di jelaskan bahwa lailatul qadr lebih baik dari seribu malam. Dalam asbabun nuzul ( sebab – musabab turunnya ) ayat tersebut dikatakan bahwa Nabi SAW mendengar suatu cerita dizaman bani israil,dimana ada seorang lekaki yang setiap malamnya beribadah kepada ALLAH SWT dan siangnya digunakan untuk berjihad di jalan ALLAH SWT. Hal itu dilakukan selama 1000 bulan. Nabi SAW berharap agar umatnya bisa seperti itu. Maka sebagai jawaban atas permintaan Nabi SAW, diberikanlah lailatul qadr kepada umat Nabi SAW.

Diantara keutamaanya jugapada malam itu para malaikat yang turun kebumi lebih banyak dari hitungan kerikil yang ada. Pada malam itu juga ALLAH SWT membuka pintu – pintu langit dimulai dari terbenamnya matahari sampai terbitnya matahari.

Terakhir, seperti yang dituturkan dalam hadist " Barangsiapayang menghidupkan lailatul qadr dalam keadaan beriman kepada ALLAH SWT dan hanya mencari ridla ALLAH SWT maka dosa – dosanya yang terdahulu dan yang akanlewat akan diampuni ".

WAKTU DAN TANDA – TANDA LAILATUL QADR

Mengenai waktu lailatul qadr, para ulama banyak mengeluarkan pendapat. Hal ini di karenakan banyaknya riwayat mengenai kejelasan lailatul qadr. Untuk lebih detail mengenai pendapat yang banyak tersebut bisa di lihat di buku – buku yang memang menerangkan hal tersebut, di antaranya dalam buku fath al-bari syarh sohih bukhori dalam bab puasa. Dalam tulisan ini, saya mengambilpendapat yang paling unggul. Pendapat tersebut mengatakan bahwa lailatul qadr jatuh pada sepuluh hari terahir bulan ramadhan. Diriwayatkan dari sayyidahAisyah RA, bahwa sesungguhnya Nabi SAW bersabda, carilah lailatul qadr dalam hitungan ganjil pada sepuluh hari terahir bulan ramadhan.

Adapun tanda – tanda lailatul qadr diantaranya, keadaan malam padawaktu itu terang dan tenang. Tidak terasa dingin ataupun panas. Pagi harinya sinar matahari tidak menyilaukan. Sinar matahari pada waktu itu seperti sinar bulan purnama. Bagi seseorang yang menemui lailatul qadr bisa melihat segala sesuatu bersujud, segala tempat bercahaya dan bahkan bisa mendengar salam dan percakapan dari para malaikat. Sebagai catatan, disunahkan bagi mereka yang menemui lailatul qadr untuk merahasiakannya, dikarenakan menemui lailatul qadr adalah sebuah karamah. Dan karamah disunahkan untuk menyembunyikannya. Juga,karena manusia tidak terlepas dari sifat riya dan dengki.

Sebelum tulisan ini saya akhiri, berikut saya kutipkan pernyataan imam Al – Ghozali dan ulama lainnya yang saya baca dalam I'anatut talibin," Lailatul qadr bisa diketahui dengan melihat hari pertama dibulan ramadhan. Apabila hari pertamanya ahad atau rabu maka lailatul qadr jatuh pada malam 29, atau hari pertama senin maka malam 21, atau hari selasa/jumat maka malam 27, atau hari kamis maka malam 25, atau hari sabtu maka malam 23.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline