Lihat ke Halaman Asli

Zabidi Mutiullah

TERVERIFIKASI

Concern pada soal etika sosial politik

Tips Mudik 2022 ala Pak Menteri

Diperbarui: 24 April 2022   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Sekedar info, saya sudah pernah tulis tentang tema mudik 2022. Judulnya Tips Mudik Aman Bagi Karyawan. Tayang di Kompasiana tanggal 20 April kemarin. Pada tulisan kali ini, saya coba memotret serba serbi mudik dari sisi yang lain. Semoga dapat memperkaya tulisan saya sebelumnya.

Secara esensial, mudik memiliki nilai-nilai ibadah spriritual yang erat kaitannya dengan kepuasan bathin. Yakni, kegiatan untuk mengembalikan jati diri pada kondisi fitrih. Kembali suci dan bersih seperti bayi baru lahir. Lebur segala dosa dan kesalahan. Aktifitas yang dilakukan adalah bermaaf-maafan atas segala salah dan dosa. Ziarah kubur. Makan bersama dan beberapa aktifitas lain yang dipilih sesuai adat istiadat setempat.

Sehubungan dengan tips mudik 2022, Kompas TV pada 10 April lalu, menayangkan jumpa pers Menteri Perhubungan (Kemenhub) Bapak Budi Karya Sumadi. 

Saat itu, Pak Menteri menyampaikan bahwa Kemenhub dan pihak terkait lainnya, diberi tugas oleh presiden agar dapat mengatur mudik dengan baik, aman dan sehat. Ada satu tagline yang disepakati, yakni "Mudik Aman Mudik Sehat". Menurut Pak Menteri, itu artinya mudik harus lancar dan aman.

Sebenarnya, berlalu lintas yang lancar dan aman harus diupayakan  setiap saat. Tidak tergantung pada waktu atau kegiatan tertentu. Hanya saja, pemerintah utamanya pihak kepolisian, biasanya melakukan langkah-langkah ekstra untuk aktifitas mudik. Karena sangat rawan terjadi kemacetan dimana-mana. Hampir secara nasional.

Selain kemacetan, faktor keselamatan juga harus menjadi perhatian khusus. Sekedar dipahami, bahwa Islam sangat menganjurkan agar ummatnya menjaga diri dari berbagai macam bentuk perbuatan yang dapat mengancam keselamatan. Apalagi hingga membahayakan nyawa. Dalil tentang hal ini termaktub di qur'an surat Al Baqarah ayat 195. Disini Allah berfirman : "Dan..janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik".

Ayat tersebut diperkuat oleh hadits Nabi yang menggariskan bahwa tidak boleh ada bahaya atau tindakan yang bisa mengancam, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. 

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam al Hakim dan Baihaqi juga disebutkan bahwa : Barangsiapa membahayakan orang lain, maka Allh akan membalas bahaya kepadanya dan barangsiapa menyusahkan atau menyulitkan orang lain, maka Allh akan menyulitkannya." Ayat dan teks hadits diatas, secara tegas menyebutkan bahwa ummat Islam diperintahkan untuk menghidar dari ancaman atau bahaya yang bisa mencelakai diri sendiri maupun orang lain (dikutip dari artikel Fakultas Islam Nusantara, Universitas NU. Indonesia).

Anda punya tips mudik 2022..? Silahkan pakai atau praktekkan. Demi keselamatan anda. Namun, apapun bentuk dan bagaimanapun tips itu dijalankan, faktor keselamatan tidak boleh dilupakan. Bahkan harus menjadi pertimbangan utama. Jangan karena kesusu ingin cepat sampai ditempat tujuan, anda seenaknya gunakan tips. Pakai ngebut misalnya bagi yang pakai kendaraan pribadi. Atau bawa barang sebanyak-banyaknya tanpa peduli kapasitas dan kemampuan.

Maka berpijak dari Quran dan Hadits diatas, umat islam sebaiknya harus merubah pola pikir tentang mudik. Bahwa keselamatan adalah faktor yang paling utama, dibanding kegiatan mudik itu sendiri. Lalu apakah karena itu umat islam jadi tidak boleh melakukan mudik..? Ya tidak harus begitu. Ini juga merupakan satu sikap yang kurang tepat. Yang paling baik adalah bijaksana menentukan waktu, kapan hendak mudik, dan kapan pula saat harus balik.

Misal, pilih waktu mudik diluar hari-hari padat. Untuk lebaran tahun 2022 ini, Menteri Perhubungan menyarankan agar umat islam sebaiknya menghindari berangkat pada tanggal 28-29 April 2022. Karena pada tanggal-tanggal ini, diprediksi menjadi puncak mudik. Sebaiknya, lakukan perjalanan mudik mulai pada 25-27 April. Saat pulang balik juga demikian. Hindari waktu-waktu ramai. Pilihlah waktu-waktu sepi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline