Lihat ke Halaman Asli

Ini Solusi Tepat untuk Ahok dan FPI

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebetulnya memang dapat dipahami dan dimaklumi apabila FPI sebagai salah satu ormas islam yang memiliki masa sangat banyak di Jakarta melakukan unjuk rasa menentang pengangkatan Ahok sebagai pengganti Jokowi yang telah dilantik menjadi presiden Republik Indonesia menggantikan pak SBY. Namun tentu saja akan menjadi permasalahan tersendiri apabila penentangan tersebut karena sebab kurang toleransi antara kedua belah pihak. Mungkin saja selama ini FPI terkesan keras kepada Ahok, namun sesungguhnya kita harus menangkap secara arif dan bijaksana pesan ataupun suara FPI tersebut karena mereka juga bagian dari keluarga besar bangsa Indonesia.

Salah satu poin penting yang diangkat dan menjadi isu utama FPI menolak Ahok yaitu terkait dengan status agama yang dimiliki Ahok. terlepas dari berbagai sikap kontroversial yang senantiaasa mewarnai sepak terjang Ahok selamat menjabat sebagai plt gubernur DKi Jakarta maupun sebelumnya, konflik yang timbul yang mendasarkan pada perbedaan agama menjadi konflik yang sebetulnya tidak perlu terjadi di republik tercinta ini. Sebab selain sudah banyak makan garam, republik tercinta ini telah mengajarkan kearifan baik lokal, nasional maupun kearifan yang berdasarkan pada undang-undang pokok dalam setiap agama yang diakui di Indonesia. Sesungguhnya ada celah untuk saling menerima dan bertoleransi di antara sesama pemeluk agama yang ada di Indonesia. Tinggal bagaimana pemerintah peka dan dapat menjadi mediator untuk kedua belah pihak yang saling berseteru karena perbedaan pendapat tersebut.

Silakan para sahabat membaca artikel saya yang berjudul:

"Solusi Tepat untuk Menangani Perseteruan Ahok dan FPI"

Dalam artikel di atas saya mencoba membahas secara berimbang tentang pandangan islam yang sebenarnya ada ruang terbuka lebar untuk menerima kelompok non muslim menjadi pemimpin bagi muslim. Walaupun mungkin ada yang tidak setuju dengan artikel di atas, akan tetapi saya meyakini sebagai orang awam dan sebagai bagian dari masyarakat indonesia, bahwa sikap ataupun solusi tersebut merupakan solusi yang bijaksana yang dapat meredam kericuhan yang terjadi saat ini.

Saya kira baik Ahok maupun FPI harus dapat berfikir lebih dewasa dan bijak demi kepentingan masyarakat luas yang sesungguhnya lebih membutuhkan perhaitan serius daripada mementingkan kelompok ataupun kehendaknya sendiri-sendiri. Silakan para sahabat yang tercinta bisa menanggapi artikel saya pada tautan di atas. Dan semoga dapat menjadi renungan khususnya untuk diri saya dan mungkin saja untuk orang lain. Salam hangat
Nama : Muhammad Zaairul Haq

Alamat Blog : http://santriclumut.blogspot.com/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline