Lihat ke Halaman Asli

Yayuk Sulistiyowati M.V.

TERVERIFIKASI

Pembalap Baru

Menu Khas Jawa untuk Mengawali Tahun Baru

Diperbarui: 2 Januari 2024   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menu masakan khas Jawa mengakhiri tahun 2023 | dok. pribadi

Tidak seperti biasanya kami masak besar di acara Tahun Baru. Tahun-tahun sebelumnya kami masak besar hanya di hari Natal dan setiap tamu yang datang langsung dipersilakan menikmati hidangan.

Tahun ini sengaja dibuat sedikit berbeda agar lebih variatif dan tidak membosankan. Beberapa teman dan kerabat juga lebih punya waktu karena sebelumnya sudah menjalani libur Natal bersama keluarga di luar kota. 

dok. pribadi 

Open House

Gelar open house seperti ini baru kembali kami lakukan setelah dua tahun terakhir vakum karena wabah pandemi Covid-19 tengah melanda negeri.

Jika tahun-tahun sebelumnya kami mengakhiri tahun hanya pesta barbeque, maka tahun ini kami masak besar dan menggelar open house di tahun baru.

Menu pilihan kali ini juga berganti ke menu masakan khas Jawa. Kali ini kami sepakat memasak menu masakan Jawa; sayur asem Jakarta, oseng daun pepaya, sate komoh, ayam goreng, bakwan jagung, botok tempe tahu kemangi dan rempeyek kacang.

Tahun-tahun sebelumnya kami memasak menu wajib sup senerek (kacang merah), bakmie goreng, perkedel kentang, ayam goreng, telur asin dan kerupuk udang. Ini menu wajib karena makanan favorit kami setiap pesta Natal, Paskah dan ulang tahun.

Tahun ini kami menyiapkan menu cukup banyak, selain untuk keluarga besar juga untuk teman-teman dan tetangga yang dengan sukacita datang ke rumah. Anak-anak juga mendapat parcel khusus berisi makanan ringan seperti biskuit, wafer, permen dan susu kotak.

Wah sangat seru dan tentunya penuh kegembiraan.

dok. pribadi 

Sate Komoh Favorit

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline