Lihat ke Halaman Asli

Yayuk Sulistiyowati M.V.

TERVERIFIKASI

Pembalap Baru

Ayahku juga Seorang Veteran: Sebuah Autobiografi

Diperbarui: 17 Desember 2023   18:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ayahku dan aku | Foto koleksi pribadi 

Ayahku seorang militer yang multitalent; seniman, penulis, fotografer, pengrajin dan masih segudang keahliannya. Bagiku ayah seorang yang tampan, hidungnya mancung mirip seperti illusionist dunia ternama David Copperfield.  

Ayah terlahir dari pasangan M.Ng. Mardijoen Soemoatmodjo dan Roeslinah dengan nama M.Ng. Ignatius Imam Soepardy Rudi Astono pada 4 April 1921. Menurut ayah, M.Ng singkatan dari Mas Ngabehi merupakan gelar kebangsawanan seorang abdi dalem atau pegawai di masa Belanda. Ayahku lahir dan besar di kawasan Kedung Rukem, Surabaya.

Sebagai anak salah seorang kepala divisi Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya atau de Brandweer, ayah dapat mengenyam pendidikan dengan cukup baik di kota Surabaya. 

Ayah menyelesaikan sekolah dasar di Vrobelschool tahun 1927. Lulus sekolah menengah pertama Broederschool tahun 1933 dan lulus dari sekolah setara STM, yaitu Ambachtsschool tahun 1935.

Pada tahun 1939 ayah  mengabdikan diri di Marine Etabelissmen (M.E) K.M. Onderzeediens T.16 Udjung, Surabaya sebagai Klerk II. Tahun 1942 menjadi utencho (mualim) Kapal Kainan Maru, Kesatuan Akatsuki Butai, Semarang. 

Tahun 1945 bergabung sebagai BKR di Sekolah Kadet Div. VII Malang, lalu tahun 1946 melanjutkan tugas di Sekolah Kadet II Polisi Tentara Laut RI PTL Bn. VIII Div. Djajanegara Malang. Tahun 1948 beliau bertugas di Corps Pulisi Militer Det:141/145 Malang sebagai Polisi Rahasia (PIRD). 

 Tahun 1953 ayah purna tugas dan berkarya di Kantor Badan Pertanahan (Agraria) Kembang Jepun, Surabaya. Tahun 1960 ayah kembali dinas di kota Malang menjabat sebagai juru tulis di Kantor Desa Bunulrejo. 

Hingga 1990 ayah aktif dalam berbagai organisasi. Terjun sebagai pengacara dan sebagai pejuang 1945 ayahku aktif di kantor Legiun Veteran RI. Ayah aktif di kantor DPD Golkar dan sempat mendirikan organisasi PPBI (Persatuan Pengemudi Becak Indonesia). 

Pada masa perang tahun 1945, ayah menikahi seorang wanita berdarah Manado berparas cantik bernama Anie Mawengkang dan dikaruniai seorang puteri cantik bernama Sri Astutie Rahaju yang kini tinggal di kota Pekalongan, Jawa Tengah. 

Perkawinan ini berakhir di tahun 1956, hingga pada tahun 1973 mempersunting ibuku sekarang ini; yaitu Maria Theresia Yatini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline