Lihat ke Halaman Asli

YWAM_JP NEWS

YW Al Muhajirien Jakapermai

Transformasi Metode Pembelajaran di KB-TKIA 8 Jakapermai

Diperbarui: 27 Desember 2023   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : Dok. Humas Sekolah (Murid KB-TK Islam Al Azhar 8 Jakapermai)

Oleh. Muhammad Eko Purwanto

Pendidikan anak usia dini sangat penting dalam membentuk dasar kecerdasan, keterampilan, dan sikap anak. Oleh karena itu, pemilihan metode pembelajaran yang tepat menjadi faktor krusial dalam siklus pembelajaran di Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK). 

Sekolah Islam Al Azhar 8 Jakapermai yang terletak di Perumahan Jakapermai, Kota Bekasi, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan pada anak untuk mengeksplorasi dan menemukan pengetahuan melalui pengalaman langsung.

Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di KB-TK Islam Al Azhar 8 Jakapermai adalah metode Montessori. Metode ini dikembangkan oleh Maria Montessori, seorang dokter dan pendidik Italia. Montessori menekankan pada pentingnya eksplorasi, kemandirian, dan kebebasan dalam belajar. 

Di Kelompok Bemain, metode Montessori diterapkan dengan memberikan akses pada anak-anak untuk memilih dan menggunakan alat-alat pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Misalnya, anak-anak dapat bebas memilih buku bacaan atau alat peraga pembelajaran yang ingin mereka gunakan. 

Selain itu, metode Montessori juga mengajarkan prinsip belajar dari observasi dan tindakan langsung. Anak-anak diajarkan untuk mengamati dan meniru aksi orang dewasa atau teman sekelasnya dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti: menyusun puzzle, bermain pasir, atau melakukan kegiatan seni lainnya.

Sumber Gambar : Dok. Humas Sekolah (Murid KB-TK Islam Al Azhar 8 Jakapermai)

Selain metode Montessori, Sekolah Islam Al Azhar 8 Jakapermai juga menerapkan metode thematic learning atau pembelajaran tematik. Metode pembelajaran ini dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai jenis materi pembelajaran dalam satu tema tertentu. Misalnya, tema 'hewan' dapat diintegrasikan dengan materi bahasa, matematika, ilmu pengetahuan, seni, dan gerak. 

Anak-anak tidak hanya belajar secara terpisah pada setiap pelajaran namun juga mengalami proses belajar yang menyenangkan dan bernilai tambah. Thematic learning memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan berbagai keterampilan di berbagai bidang secara simultan.

Pada Kelompok Bemain, KB-TK Islam Al Azhar 8 Jakapermai juga menerapkan metode pembelajaran bermain. Anak-anak diberikan waktu untuk bermain sesuai dengan minat dan bakat mereka. Bermain merupakan cara yang efektif dalam pengembangan sosial, emosional, dan kreativitas anak-anak. Anak-anak diberikan kesempatan untuk bermain di ruang yang aman dan stimulatif di bawah pengawasan guru. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline