Lihat ke Halaman Asli

YWAM_JP NEWS

YW Al Muhajirien Jakapermai

Mengemas 'Target Market' Melalui 'Brand Personality'?!

Diperbarui: 27 September 2023   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Humas SD Islam Al Azhar 9 Kemang Pratama.

Oleh. Muhammad Eko Purwanto

Pada Oktober dan November 2023 ini, YW Al Muhajirien Jakapermai sudah memulai proses Penerimaan Murid Baru (PMB) untuk Tahun Pelajaran 2024-2025. Proses PMB dilaksanakan untuk Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata. Oleh karena itu, berbagai instrumen pemasaran disiapkan untuk menjadi 'mata kail' agar informasi PMB ini sampai ditangan 'target market.' Tulisan ini akan mengupas. Bagaimana 'Brand Personality' (Kepribadian Merek) dapat dibentuk untuk mencapai 'target market' yang telah ditetapkan ?!    

Dalam dunia pemasaran, termasuk dalam pemasaran jasa pendidikan, pengertian 'target market' adalah kelompok tertentu dari suatu pasar, yang menjadi fokus utama dari kegiatan pemasaran. 'Target market' merupakan 'segmen pasar' yang memiliki karakteristik, kebutuhan, dan minat yang serupa, sehingga memungkinkan sekolah atau yayasan dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

Dalam konteks sekolah, 'target market' ini berkaitan dengan para calon siswa atau orang tua siswa, yang menjadi sasaran utama dari kegiatan pemasaran Sekolah-sekolah Islam Al Azhar. Salah satu tujuan utama dari menentukan 'target market' adalah agar sekolah maupun yayasan yang memayunginya, dapat memahami dan memenuhi kebutuhan, preferensi, dan harapan dari para calon siswa atau orang tua siswa yang dituju.

Sumber Gambar : Humas SMA Islam Al Azhar 4 Kemanmg Pratama.

Proses menentukan 'target market' dimulai dengan mengidentifikasi 'segmen pasar' yang ada. Segmen pasar adalah kelompok pembeli yang memiliki karakteristik yang serupa, misalnya segmen anak-anak atau orang tua murid KB-TK, SD, SMP, maupun SMA. Tentu saja, setiap segmen pasar memiliki cara sendiri dalam melakukan pendekatan pemasarannya.

Membangun 'Personality' 

Pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, seseorang dapat mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan pada masa depan. Untuk itu, penting bagi sekolah, terutama sekolah-sekolah Islam Al Azhar, untuk menjalankan pemasaran jasa yang efektif, guna menarik minat orang tua dan calon siswa.

Salah satu lembaga pendidikan Islam yang sudah banyak dikenal di Indonesia adalah sekolah-sekolah Islam Al Azhar. bagaimana sekolah-sekolah Islam Al Azhar di Kota Bekasi, khususnya di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama, dan Grand Wisata, mampu membangun personality (kepribadian) yang unik dan menarik bagi calon siswa dan orang tua ?

Hakekat dari kepribadian merek (brand personality) pendidikan adalah identitas dan karakteristik yang membedakan lembaga pendidikan tersebut dengan yang lainnya. 'Personality' merek mencerminkan nilai-nilai inti, visi, dan nuansa yang ingin disampaikan lembaga pendidikan kepada masyarakat. 'Personality' merek menjadi pondasi yang kuat untuk membangun citra dan kesan positif dalam benak orang tua siswa maupun masyarakat pada umumnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline