Lihat ke Halaman Asli

YWAM_JP NEWS

YW Al Muhajirien Jakapermai

Mengembangkan Kepemimpinan Melalui Proses Mutasi?!

Diperbarui: 8 September 2023   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : Dok. Sekret YWAM JP (Suasana rapat Kepala-Kepala Sekolah di Ruang Rapat YW Al Muhajirien Jakapermai)

Oleh. Muhammad Eko Purwanto

Awal September 2023 ini merupakan saat-saat yang paling menantang dalam perjalanan karir seorang guru Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata. Karena pada awal September 2023 beberapa kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru, di beberapa sekolah Islam Al Azhar menerima tugas baru dari YPI Al Azhar. Hal ini diketahui dari rapat Kepala-kepala KB-TKIA, SDIA, SMPIA, SMAIA, pada tanggal 6 September 2023 lalu di ruang rapat YW Al Muhajirien Jakapermai.

Beberapa kepala dan wakil kepala sekolah, serta guru, yang memperoleh tugas baru, baik di dalam maupun di luar wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, antara lain :

  • Ibu Hj. Ramlah Malik S.Pd, selaku Kepala KB-TKIA-8 Jakapermai, mendapat tugas baru di TKIA-24 Jatikramat. Sementara penggantinya adalah Ibu Maryani, S.Pd, dari TKIA Centra Primer.
  • Ibu Milasari Widaningsih, M.Pd, selaku Kepala KB-TKIA-11 Kemang Pratama, mendpat tugas bari sebagai Kepala TKIA-45 Grand Depok City. Sementara penganti beliau adalah Ibu Nursecho, S.Pd dari TKIA-24 Jatikramat.
  • Bapak M. Amri Wardi, S.Pd, selaku Wakil Kepala SDIA 6-JP, mendapat tugas baru Sebagai Wakil Kepala SDIA di Karawang.
  • Bapak Suparna, S.Pd, selaku Kepala SMPIA-44 Grand Wisata, mendapat tugas baru di SMPIA Jatimakmur. Sementara penggantinya adalah Bapak Dr. Bukhari Mukhtar, MA, Dari SMAIA di Palembang.
  • Bapak Faidzin, M.Pd, selaku Kepala SMAIA-18 Grand Wisata, menjadi Kepala ke SMAIA-2 Pendapat tugas baru di SMAIA-2 Pejaten, pasar Minggu. Sementara, penggantinya adalah Bapak  Zulfahri, S.Pd, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala SMAIA 18 Grand Wisata.
  • Bapak Sunardi, S.Pd, selakju Wakil Kepala SMAIA 4 Kemang Pratama, mendapat tugas baru sebagai Wakil Kepala di SMAIA 3 Kebayoran.
  • Bapak Satya Nurbanandi, S.Pd, selaku Wakil Kepala SMPIA 8 Kemang Pratama, mendapat tugas baru sebagai Wakil Kepala SMPIA 1 Kebayoran baru. Sementara, penggantinya dalah Bapak Awan, S.Pd dari SMPIA di Cikarang.
  • Dan, beberapa lagi yang lainnya.  

Pergantian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru adalah momen penting dalam kehidupan sekolah. Hal itu merupakan suatu perubahan yang signifikan yang mempengaruhi seluruh komunitas sekolah, termasuk siswa, guru, dan orang tua murid. Pergantian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru, dapat membawa perubahan yang positif dan memberi dampak besar pada kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah. 

Sumber gambar : Dok. Sekret (Ketua YWAM JP, H.M. Syafi'uddin, B.Comm, S.T, mengucapkan Selamat kepada Kepala SMAIA-18 Grand Wisata, Bp. Faizin, M.Pd)

Tentu, pergantian kepala, wakil kepala sekolah dan guru, tujuan utama adalah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan efektif bagi seluruh siswa. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan, bahwa para guru memiliki sumber daya yang cukup untuk mengajar dengan baik, siswa menerima bimbingan dan dukungan yang mereka butuhkan, dan orang tua merasa terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka.

Pergantian pejabat baru ini, diharapkan dapat membawa suasana baru, sehingga perubahan yang signifikan dapat terus berlanjut di sekolah-sekolah Islam Al Azhar Jakapermai, Kemang Pratama, dan Grand Wisata. Pergantian kepala, wakil kepala sekolah, dan guru ini, bisa membawa ide-ide segar dan inovasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, serta kepemimpinan baru ini juga akan bisa membawa energi baru dan semangat yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan guru.

Satu hal yang penting dalam menghadapi pergantian kepala,  wakil kepala sekolah dan guru ini, adalah komunikasi yang baik antara semua pihak yang terlibat. Orang tua, siswa, dan guru perlu diberikan ruang untuk berbicara dan mengungkapkan harapan, serta kekhawatiran mereka. Ini adalah kesempatan bagi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah baru untuk mendengarkan dan menunjukkan komitmen mereka terhadap meningkatkan kualitas sekolahnya.

Selain itu, penting juga untuk memberikan waktu yang cukup kepada kepala sekolah dan wakil kepala sekolah baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Perubahan ini membutuhkan waktu dan dukungan dari semua pihak yang terlibat. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru baru perlu mempelajari budaya sekolah yang ada, mengevaluasi kekuatan dan kelemahan sekolah, serta merumuskan strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi, pergantian kepala, wakil kepala sekolah, dan guru adalah hal yang alami dalam kehidupan sekolah. Ini adalah kesempatan untuk mengembangkan dan memperbaiki kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Dengan dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat, pergantian kepala, wakil kepala sekolah dan guru sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama, dan Grand Wisata dapat menjadi awal yang baik untuk masa depan sekolah yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline