Lokakarya 8 pendidikan guru penggerak angkatan 4 Kota Pekanbaru berlangsung dengan semangat berbagi antara sesama CGP dan PP.
LK 8 diselenggarakan di SMPN 8 jalan Adi Sucipto Pekanbaru. Ini adalah LK kedua yang pelaksanannya menggunakan gedung pemerintah.
Sebagai pengajar praktik guru penggerak ini adalah kesembilan kalinya saya memfasilitasi CGP dalam lokakarya Pendidikan Calon Guru Penggerak dan berkolaborasi dengan pengajar praktik lainnya. Artinya ada satu kali lagi lokakarya dan satu kali pendampingan individu yang harus dituntaskan menjelang akhir tahun ini.
Tentu saja,sebagai pengajar praktik saya merasakan banyak pembelajaran yang diperoleh selama hampir satu tahun belakangan ini berada dalam lingkungan pendidikan guru penggerak.
Pembelajaran pertama terhadap diri sendiri adalah, pentingnya bagi seorang guru untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Artinya guru jangan pernah berhenti belajar dan jangan pernah merasa puas dengan pencapaian saat ini. Karena pada dasarnya pengetahuan dan teknologi itu akan terus berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan saat itu.
Pembelajaran kedua adalah: menjadi seorang guru akan lebih baik memperbanyak melihat kondisi dan perkembangan diri sendiri, merenungkan/merefleksi diri. Tentu saja hasil renungan berupa apa yang sudah dilakukan sejauh mana pencapaian ,dan apa tindakan perbaikan yang akan dilakukan. Kalau saja ini bisa terlaksana, maka akan terhindar dari mencari-cari kesalahan orang lain.
Pembelajaran ke tiga,pentingnya kolaborasi koordinasi ,dan komunikasi yang efektif antara sesama guru penggerak, dengan pengajar praktik, dengan pimpinan, manajemen sekolah, teman sejawat, peserta didik, orang tua, dan masyarakat.
Sehebat apapun Guru Penggerak dalam merencanakan program yang berdampak pada peserta didik, tanpa ada hubungan yang baik komunikasi yang efektif antara guru penggerak dengan rekan sejawat,pimpinan orang tua, senior, peserta didik,maka program-program guru penggerak tersebut tidak akan berarti apa-apa.
Pembelajaran ke-4
Guru penggerak adalah guru yang dilatih untuk menjadi visioner. Guru yang memiliki visi dan misi yang jelas.Mereka ditempa menjadi guru yang terus mengupgrade kompetensi. mereka memiliki visi untuk memberikan pelayanan terbaik buat peserta didik dan selalu berinovasi baik dalam pengembangan diri dan orang lain. memimpin pembelajaran, memimpin pengembangan sekolah, dan memimpin manajemen sekolah.