" Teruslah menulis dengan tujuan untuk memberikan manfaat yang luas bagi dunia pendidikan". (Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.)
Pertemuan ke-5 Kegiatan Belajat Menulis Nusantara gelombang ke-32 kali ini dibersamai oleh bunda Dr. Mudafiatun Isriyah,M.Pd. selaku narasumber dan miss Lely Suryani, S.Pd. SD. berperan sebagai moderator.
Pendahuluan
Buku ajar adalah salah satu sumber belajar yang penting bagi siswa dan mahasiswa. Buku ajar yang baik dapat membantu mereka memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan efektif. Namun, menulis buku ajar bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan ketekunan untuk menghasilkan buku ajar yang berkualitas.
Mengapa Menulis Buku Ajar?
Menurut Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd., menulis buku ajar adalah sebuah kontribusi berharga dalam dunia pendidikan, dengan tujuan utama yaitu :
- Mempermudah transfer ilmu dari penulis kepada pembelajar. Buku ajar yang baik dirancang untuk menyajikan informasi secara terstruktur dan mudah dipahami, sehingga membantu siswa atau mahasiswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
- Buku ajar juga berfungsi sebagai referensi yang sesuai dengan kurikulum, memastikan bahwa materi yang disampaikan relevan dan selaras dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
- Buku ajar yang berkualitas turut berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.
- Proses belajar mengajar di kelas dapat menjadi lebih efektif dan efisien.
- Bagi penulisnya, menulis buku ajar juga dapat menjadi cara untuk menambah portofolio akademik dan meningkatkan reputasi di bidang keilmuan yang ditekuni.
Langkah-langkah Menulis Buku Ajar yang Inspiratif
Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. menekankan bahwa menulis buku ajar adalah proses yang membutuhkan perencanaan dan ketekunan. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Persiapan Awal:
Menurut Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. Proses penulisan buku ajar dimulai dengan menentukan tujuan yang jelas serta mengidentifikasi target pembaca. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa buku ajar yang dihasilkan relevan dan sesuai dengan kebutuhan pembaca. Niatkan menulis buku ajar untuk memberikan kontribusi pada dunia pendidikan dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Pastikan Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang materi yang akan ditulis. Lakukan analisis terhadap kebutuhan peserta didik dan kurikulum yang berlaku. Apa kompetensi yang ingin dicapai? Sesuaikan dengan metode pembelajaran misalnya Contextual Learning, active learning atau story telling, dll. Pelajari buku-buku ajar lain yang relevan sebagai referensi dan perbandingan.