Lihat ke Halaman Asli

Yuyun Srimulyati

Guru, Pelatih Daerah/trainer PPKB Kemenag RI bidang profesional 2 (Publikasi Ilmiyah), pegiat literasi, public relation

Ekspedisi Belajar dengan Understanding by Design (UbD)

Diperbarui: 8 Oktober 2024   18:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa itu Understanding by Design (UbD)?

Understanding by Design (UbD) adalah sebuah kerangka kerja pembelajaran yang berfokus pada penentuan hasil belajar yang ingin dicapai terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran. Model ini dikembangkan oleh Grant Wiggins dan Jay McTighe, dan bertujuan untuk memastikan bahwa pembelajaran yang dirancang benar-benar relevan dan bermakna bagi siswa.

Prinsip Dasar UbD

UbD didasarkan pada tiga tahap utama:

  1. Identifikasi Hasil Belajar yang Diinginkan (Desired Results):

    • Tujuan Besar (Big Ideas): Mengidentifikasi konsep-konsep penting yang ingin dipahami siswa secara mendalam.
    • Pertanyaan Esensial (Essential Questions): Merumuskan pertanyaan-
    • pertanyaan yang merangsang pemikiran kritis dan mendorong siswa untuk mencari jawaban yang kompleks.
    • Performa Tugas (Performance Tasks): Mendesain tugas-tugas yang menuntut siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.
  2. Menentukan Bukti yang Akan Dikumpulkan (Evidence):
    • Kriteria Sukses: Menetapkan kriteria yang jelas untuk menilai keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
    • Instrumen Penilaian: Memilih atau mengembangkan instrumen penilaian yang sesuai untuk mengumpulkan bukti, seperti tes, proyek, presentasi, atau portofolio.
  3. Perencanaan Pembelajaran (Learning Plan):
    • Urutan Pembelajaran: Merancang urutan pembelajaran yang logis dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    • Aktivitas Pembelajaran: Memilih atau mengembangkan aktivitas pembelajaran yang bervariasi dan menarik untuk melibatkan siswa secara aktif.
  4. Mengapa UbD Penting?
    • Fokus pada Pemahaman: UbD mendorong siswa untuk memahami konsep secara mendalam, bukan hanya menghafal fakta.
    • Relevansi: Tugas-tugas yang dirancang dalam UbD lebih relevan dengan kehidupan nyata siswa.
    • Pembelajaran Aktif: Siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.
    • Penilaian yang Otentik: Penilaian dalam UbD lebih menekankan pada kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dalam situasi yang nyata.

Kesimpulan

Understanding by Design (UbD) menawarkan pendekatan yang sistematis dan efektif dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan fokus pada hasil belajar yang diinginkan, UbD membantu guru menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline