Lihat ke Halaman Asli

Yuyun Srimulyati

Guru, Pelatih Daerah/trainer PPKB Kemenag RI bidang profesional 2 (Publikasi Ilmiyah), pegiat literasi, public relation

Pembelajaran yang Berkualitas, Kunci untuk Mencapai Pendidikan yang Berkualitas

Diperbarui: 11 Juli 2024   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tema belajar di komunitas KAUSAKu4NKRI (terdaftar di Platform Merdeka Mengajar) kali ini dengan pertanyaan pemantik dari  founder (kang Asep Gunawan, M.Pd.I.) "Apa yang dimaksud dengan Pembelajaran Berkualitas?". Dan inilah bahasannya.

 Pendidikan merupakan pilar fundamental dalam membangun bangsa yang maju dan sejahtera. Di Indonesia, tujuan pendidikan nasional telah digariskan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan ini mencakup pengembangan potensi peserta didik, penanaman nilai-nilai Pancasila, dan persiapan peserta didik untuk menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Mencapai tujuan-tujuan mulia tersebut membutuhkan fondasi yang kokoh, yaitu pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran berkualitas bukan hanya tentang penyampaian materi pelajaran, tetapi juga tentang menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan bermakna bagi peserta didik.

Dalam tulisan ini saya akan menyelami  hubungan erat antara pembelajaran berkualitas dan tujuan pendidikan nasional. Saya akan membahas bagaimana pembelajaran yang berkualitas dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional, serta bagaimana kita dapat mewujudkan pembelajaran berkualitas di Indonesia.

1. Memahami Tujuan Pendidikan Nasional

Sebelum membahas hubungannya dengan pembelajaran berkualitas, penting untuk memahami terlebih dahulu tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU Sisdiknas 2003.

Berikut adalah beberapa poin pentingnya:

  • Mengembangkan potensi peserta didik: Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik intelektual, spiritual, emosional, sosial, maupun fisik.
  • Menanamkan nilai-nilai Pancasila: Pendidikan harus menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial.
  • Mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab: Pendidikan harus mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, yang mampu berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Hubungan Pembelajaran Berkualitas dengan Tujuan Pendidikan Nasional

Pembelajaran berkualitas memiliki peran yang krusial dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • Mengembangkan potensi peserta didik: Pembelajaran berkualitas berpusat pada peserta didik dan memberikan mereka kesempatan untuk belajar secara aktif dan kreatif. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.
  • Menanamkan nilai-nilai Pancasila: Pembelajaran berkualitas dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik melalui berbagai metode dan strategi pembelajaran. Contohnya, melalui pembelajaran kolaboratif, diskusi kelas, dan proyek-proyek yang bermakna.
  • Mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab: Pembelajaran berkualitas dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab dengan mengajarkan mereka tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta bagaimana berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

3. Mewujudkan Pembelajaran Berkualitas di Indonesia

Mewujudkan pembelajaran berkualitas di Indonesia membutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, guru, sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline