Lihat ke Halaman Asli

Hamdan Yuwafi

mahasiswa

Pengaruh Media Sosial terhadap Anak Zaman Sekarang

Diperbarui: 4 Oktober 2024   01:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Media sosial merupakan alat platfrom digital yang digunakan untuk mempermudah akses seperti berinteraksi, berbagi, dan mengirim    (Gani, 2020). Pada saat ini masyarakat mungkin tidak lepas dengan media karena media memiliki berbagai manfaat seperti bertukar informasi dari jarak yang jauh dan masih banyak lagi manfaatnya. Jadi media sosial tidak bisa lepas dari masyarakat zaman sekarang.

Tetapi, dengan menggunakan media sosial yang salah dapat menimbulkan pengaruh negatif (Gani, 2020). Pengaruh negatif yang dirasakan seperti malas untuk belajar, lebih mementingkan diri sendiri, menjadi kecanduan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu media sosial tidak meluluh memiliki pengaruh positif bisa juga mempunyai pengaruh negatif.

Pembahasan 

Pengaruh media sosial terhadap masyarakat sangat besar. Di zaman sekarang setiap orang pasti memiliki media sosial karena disitulah informasi yang popular. Media sosial juga memiliki pengaruh positif dan negatif tergantung pada penggunanya (Chusna, 2017). Manfaat media sosial banyak beragam, terutama bagi berkembangannya anak zaman sekarang (Mau & Gabriela, 2021). Perkembangan anak zaman sekarang memiliki keterkaitan pada media sosial. Banyak sekali pengaruh positif media sosial terhadap perkembangan anak zaman sekarang. Contoh pengaruh positih ialah dapat memperluas pertemanan, termotivasi untuk belajar mengembangkan diri, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, perlu di ingat bahwa media juga banyak memiliki dampak negatif. Sering beberapa kasus yang disebabkan oleh media sosial karena di media sosial banyak informasi yang trend, jadi anak zaman sekarang sangat mudah terpengaruh terhadap trend. Trend ini dapat berdampak baik maupun buruk bagi penggunannya. Dengan demikian, pengguna tahu mana yang baik atau tidak bagi dirinya dan dapat menggunakan media sosial secara bijak.

Kesimpulan

Media sosial adalah platform digital yang memberikan kemudahan dalam interaksi, berbagi, dan mengakses informasi, sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini. Meskipun media sosial menawarkan banyak manfaat, tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif seperti kecanduan dan pengaruh buruk dari tren yang berkembang. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengenali dan membedakan antara konten yang positif dan negatif, serta menggunakan media sosial dengan bijak. Dengan pemahaman yang tepat, media sosial dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kebaikan.

 Daftar Pustaka

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315--330.

Gani, A. G. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline