Nama : Yusuf Sulaeman
NIM : 12002045
STAI RIYADHUL JANNAH -SUBANG
Telah banyak sekali kesempatan yang telah kita sia-siakan namun dengan pembahasan yang ini cukup serius dan mesti kita ketahui, Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas mengenai poin-poin tentang evaluasi kurikulim PAI.
Evaluasi kurikulum merupakan suatu usaha yang sistematis untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu kurikulum untuk digunakan sebagai pertimbangan nilai dan arti dari kurikulum dalam suatu konteks tertentu. Evaluasi kurikulum PAI ini merupakan suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan peserta didik di dalam suatu pembelajaran pada proses pendidikan, yang dapat di jadikan sebagai dasar dan petunjuk untuk memperbaiki, menyempurnakan, dan mengembangkan kurikulum di semua mata pelajaran Islam.
Objek evaluasi kurikulum PAI :
1. Komponen Tujuan dan Isi Kurikulum
Komponen tujuan yang dinilai berhubungan dengan tujuan jenjang di atasnya yaitu tujuan institusional dan selanjutnya di kaitkan dengan tujuan nasional.
Komponen isi kurikulum yang menjadi objek evaluasi bersumber dari garis-garis besar program pembelajran untuk setiap mata pelajaran yang mencakup pokok-pokok bahasan suatu waktu tertentu.
2. Komponen Strategi Pembelajaran
Sasaran dari evaluasi pada komponen ini meliputi relevansi dengan tujuan yang ditetapkan, kebenaran menurut pandangan yang berlaku, keluasan dan kedalaman materi, kebutuhan dan pengalaman peserta didik, dan kesesuaian dengan waktu dan fasilitas yang tersedia.