Di bidang pendidikan, psikologi memainkan peran penting dalam mencapai respon psikologis yang tepat dalam interaksi antara semua faktor pendidikan. Memahami psikologi siswa sangat penting untuk mengajar. Dengan demikian, setiap individu yang mengakui dirinya sebagai pendidik hendaknya mempunyai pemahaman dasar tentang psikologi pendidikan. Dengan demikian, peranan psikologi pendidikan diantaranya adalah :
1. Sebagai proses tumbuh kembang siswa
2. Memandu strategi pendidikan siswa
3. Sebagai penghubung antara pendidikan dan pembelajaran
4. Sebagai orang yang mengambil keputusan dalam mengawasi proses belajar mengajar
Sebaliknya Samuel Smith menegaskan dalam Suryabrata (1984) bahwa psikologi memerlukan pembahasan minimal 16 mata pelajaran.
pendidikan, khususnya yaitu :
1. Familiar dengan psikologi pendidikan (bidang studi),
2. Keturunan, atau sifat hakiki yang sudah ada sejak lahir
3. Struktur pada lingkungan fisik.
4. Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
5. Proses perilaku (behavioral process).
Sifat dan luasnya pendidikan (sifat dan luasnya pendidikan).
7. Unsur-unsur yang mempengaruhi pembelajaran (learning-conditioning faktor)
8. Teori dan hukum pembelajaran (learning theory and law).
9. Pengukuran, khususnya konsep dasar dan batasan pengukuran dan evaluasi.
(Pengukuran: definisi dan konsep dasar).
10. Transfer pembelajaran yang mencakup mata pelajaran (transfer of learning subject area)
11. Sudut pandang praktis terkait pengukuran (ciri-ciri praktis pengukuran).
12. Pemahaman dasar statistik (komponen statistik).
13. Kesehatan spiritual (kebersihan mental).
14. Pendidikan karakter terbentuk melalui pendidikan.
15. Pelajaran SMP tentang informasi psikologis tentang mata. (Mata pelajaran psikologi sekolah menengah).
16. Pengertian Psikologi dalam Ajaran Sekolah Dasar (Elementary School Psychology).
Pada hakikatnya salah satu layanan yang dirancang khusus bagi pelajar adalah pendidikan. Akibatnya, ruang lingkup utama
pembahasan psikologi pendidikan yang mencakup berbagai unsur psikologis peserta didik, khususnya dalam mengikuti proses belajar mengajar, selain teori-teori psikologi pendidikan sebagai suatu disiplin ilmu. Banyak ahli yang mengkategorikan mata pelajaran utama psikologi pendidikan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut:
1. pokok pembahhasan mengenai brlajar yg meliputi teori-teori, prinsip-prinsip, dan ciri-ciri khas perilaku belajar siswa dan sebagainya
2. Pokok bahasan mengenai belajar yg meliputi yakni tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar siswa.
3. pokok pembahasan mengenai belajar yg meiputi yakni suasana dan keadaan lingkungan baik bersifat fisik maupun non fisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar siswa.
Psikologi pendidikan memberikan banyak kontribusi kepada pendidik dan calon pendidik untuk meningkatkan efisiensi proses pembelajaran pada kondisi yang berbedabeda.Berikut terdapat beberapa manfaat dalam mempelajari psikologi pendidikan: