Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan Agama dalam Membentuk Karakter Anak

Diperbarui: 29 April 2024   13:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan suatu proses yang mengembangkan kecerdasan, keterampilan, pemahaman dan membentuk karakter anak. Pendidikan Islam sangat penting dalam membentuk karakter seseorang karena mengajarkan moral, etika dan prinsip hidup. Nilai-nilai agama yang diajarkan kepada anak membentuk karakter anak hingga dewasa dan dapat menjadi landasan yang kuat bagi perkembangan kepribadian dan akhlaknya.

Orang tua kurang memberikan pemahaman dan contoh yang baik tentang ajaran AGAMA kepada anaknya. Meski disekolahkan di sekolah agama, mereka tidak mendorong anak untuk menerapkan ajaran agama dalam aktivitas sehari-hari, seperti shalat dan mengaji.

Fakta ini sering dijumpai di masyarakat dimana orang tua membiarkan anaknya tidak menunaikan kewajibannya sebagai umat Islam, karena masih dianggap kecil, padahal hal ini sangat penting dalam pengembangan karakter anak.Kesalahan dalam pendidikan agama dan karakter anak pengembangannya adalah:1. Komunitas tertentu tidak memiliki semangat keagamaan.2. Kurangnya kestabilan kondisi emosional sosial ekonomi masyarakat3. 

Orang tua tidak mengetahui informasi agama\4. Anak berada dalam lingkungan sosial yang burukJadi, pendidikan agama sangat penting untuk membangun karakter anak, dan sebagai orang tua serta guru, Anda harus memberikan informasi dan membantu memotivasi anak untuk mengembangkan karakter anak yang baik..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline