Lihat ke Halaman Asli

yusuf hariawan

Mahasiswa UNU Blitar

Blitar Empire!! Bukti Kerajaan Masa Lalu yang Hilang

Diperbarui: 6 Desember 2022   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejarah yang tak mungkin disanggah , bukti mengarahkan pada sisa"peninggalan kerajaan."BLITAR EMPIRE"

BLITAR kota yang lekat dengan budaya.Banyak legenda yang biasa kita dengar mengenai kota ini.bahkan artefak" peninggalan sejarah adalah saksi nyatanya.inilah beberapa bukti Blitar sebagai tempat berdiri dan berlangsung nya kerajaan".

1.Candi Penataran

od-3673-candi-penataran-the-temple-with-the-date-seen-from-the-northeast-after-restoration-kitlv-163082-blitar-1919-638f24b14addee68f20c4d32.jpeg

Candi Panataran terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Blitar. Candi ini merupakan sekumpulan bangunan kuno yang berjajar dari barat-laut ke timur kemudian berlanjut ke tenggara.

Candi ini merupakan candi termegah dan terluas di Jawa Timur. Dalam kitab Negarakertagama, Candi Penataran disebut dengan nama Candi Palah. Candi Palah sengaja dibangun di kawasan dengan latar belakang Gunung Kelud, karena memang dimaksudkan sebagai tempat untuk memuja gunung.

Selain sebagai komplek percandian terluas, Candi Penataran juga memiliki kekhasan dalam ikonografi reliefnya. Gaya reliefnya menunjukkan bentuk yang jelas berbeda dari candi-candi Jawa Tengah. Wujud relief manusia digambarkan mirip wayang kulit.

2.Candi Sawentar 

img-20221206-181516-638f24d04addee68100c1a82.jpg

Candi Sawentar berada di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Secara geografis Candi Sawentar berada di sebelah timur lereng Gunung Kelud. Kawasan candi ini juga dikelilingi oleh sungai. Candi ini diketahui merupakan candi bercorak Hindu.

Nama candi Sawentar disebut-sebut di dalam Kitab Negarakertagama, Candi Sawentar disebut juga Lwa Wentar sebagai salah satu tempat yang dikunjungi oleh raja Hayam Wuruk.

Bangunan candi ini dahulunya merupakan sebuah kompleks percandian, karena disekitarnya masih ditemukan sejumlah fondasi yang terbuat dari bata, dan candi ini diduga didirikan pada awal berdirinya Kerajaan Majapahit.

3.Candi Kotes

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline